“OK Google” Ditendang dari Chrome, Mengapa?

Fitur OK Google Dipangkas dari Chrome versi 46 – Tepatnya pada pekan ini Google telah merilis Chrome versi 46. Pada peluncuran versi terbaru dari Chrome ini memang tidak diberikan penambahan fitur yang penting pada layanan browser tersebut. Hanya saja, justru Google melakukan pemangkasan terhadap fitur yang dirasa cukup populer yaitu ‘OK Google yang diberlakukan untuk beberapa perangkat PC.

fitur-ok-google-dipangkas-dari-chrome-versi-46

Pemangkasan fitur OK  Google tersebut dilakukan pada Chrome yang tertanam pada sistem operasi Windows, MAC os X, dan juga Linux. Sementara untuk pengguna dengan sistem operasi Android dan juga Chromebook masih dapat menikmati fitur tersebut.

Dengan begitu, dapat disimpulkan bahwa artinya memang sebagian besar pengguna Chrome pada PC sudah tak lagi dapat menikmati fitur komando suara untuk melakukan pencarian dengan cepat. Namun, sebenarnya apa yang melatarbelakangi langkah dari Google itu?

Menurut laporan Forbes yang telah dikutip dari halaman Kompas Tekno, Kamis (22/10/2015), yang menyatakan bahwa ‘OK Google’  tak dimanfaatkan secara signifikan oleh pengguna Chrome di platform Windows, Mac OS x, DAN JUGA liNUX. Menurut Google, fitur tersebut akan mubazir apabila tetap eksis namun tak terpakai.

Begitu pula yang alasan yang diberlakukan pada pengguna Windows/Mac OS X/Linux yang selama ini memanfaatkan fitur ‘OK Google’ tersebut  dan telah merasa nyaman dengan fitur itu, namun bagi mereka yang telah nyaman memang masih ada cara lain untuk menggunakan fitur ‘Ok Google’ yang telah dihapus tersebut.

Caranya, yaitu pengguna dapat memanfaatkan pencarian secara manual dengan membuka situs Google dari new tab. Dan dari situlah fitur ‘OK Google’ akan tetap ada pada kotak pencarian.

Pengguna hanya cukup dengan menekan ikon mikrofon  lalu kemudian memberikan perintah pada situs pencarian tersebut dengan perintah suara.

Sebagai informasi, Google telah meluncurkan fitur pencarian ‘OK Google’ ini pertama kalinya untuk Chrome pada November 2013 lalu. Namun, setelah selama dua tahun dibenamkan pada Chrome, akhirnya fitur tersebut harus tersingkir secara paksa.

Namun yang jadi pertanyaan, akankah Google menggantikannya dengan fitur lain nantinya? Baca juga Google Now, Sistem Google Untuk Menerima Perintah Saat Offline dan 60 Persen Waktu Netizen Indonesia Dihabiskan untuk Menonton YouTube

 

Top