Negara Ini Tak Dapat Akses Aplikasi News Apple, Mengapa?

Aplikasi News Apple Dimatikan di China – Apple memang merupakan salah satu vendor ternama yang populer dengan teknologi canggih dari setiap perangkat ciptaannya. Selain perangkatnya yang terbilang sangat canggih, dari segi software juga tak kalah. Dimulai dari sistem operasi yang diciptakan hingga aplikasi-aplikasi yang ada di dalamnya pun cukup modern dan berbeda dengan yang lain.

aplikasi-news-apple-dimatikan-di-china

Namun mengapa di China justru aplikasi terbaru yang diciptakan oleh Apple tersebut dimatikan? Yaitu aplikasi News Apple yang menggantian Newsstand. Aplikasi ini telah diluncurkan oleh Apple tersebut diluncurkan pada bulan Juni lalu dan dirilis bersamaan dengan sistem operasi iOS 9 pada tanggal 16 September 2015 lalu.

Menurut laporan yang dirangkum dari IBTimes, Senin (12/10/2015)telah menyatakan bahwa dari pengguna di China sendiri tidak lagi memiliki akses terhadap layanan berita. Saat ini, aplikasi tersebut hanya tersedia untuk pengguna di Amerika Serikat saja. Bagi mereka yang mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut memang dapat melihat konten saat berkunjung ke negara-negara lain namun tidak dengan China.

“Tidak dapat refresh saat ini. News tidak mendukung di wilayah Anda”, begitulah pesan notifikasi yang muncul saat ini apabila pengguna di China mengakses aplikasi news Apple tersebut. Masalah tersebut awalnya ditemukan oleh salah satu developer  software, Larry Salibra, seorang pendiri Pay4Bugs, sebuah layanan pengujian software.

Larry juga menyebutkan melalui postingannya di Twitter, bahwa Apple News telah dinonaktifkan saat roaming di China, namun akan bekerja dengan baik apabila pengguna menggunakannya pada jaringan mobile di Hong Kong.

Dalam forum Reddit Salibra juga menyatakan bahwa pihak Apple juga menyensor konten berita dan informasi yang ia download dan beli pada perangkatnya di Amerika Serikat.   Bahkan, ia juga menyatakan bahwa pada saat itu dirinya juga belum memasuki wilayah China, hanya saja jaringan teleponnya telah terhubung kepada sinyal China.

Sampai saat ini memang belum diketahui apa penyebab Apple mematikan aplikasi tersebut terhadap koneksi di China, dan pihak Apple sendiri juga belum memberikan keterangan apapun terkait berita ini. Baca juga Facebook Berikan Fitur Messenger di Apple Watch dan Apple Terima Kritikan Pedas Terkait Penggunaan Apple Pencil pada iPad Pro

Top