Komputer Legendaris Ini Bakal Dijual Rp 10 Miliar

Apple 1, Komputer Legendaris Dijual dengan Harga Rp 10 Miliar – Pada tanggal 29 Oktober mendatang, akan digelar sebuah event dimana pada event tersebut akan hadir sosok legendaris yang diciptakan pada tahun 70-an, yaitu komputer Apple 1. Event lelang ini kabarnya, akan bisa diakses secara online melalui website rumah lelang Christie’s.

apple-1-komputer-legendaris-dijual-dengan-harga-rp-10-miliar

Informasi Theregister yang dirangkum dari halaman techno.okezone, Sabtu (17/10/2015), menyatakan bahwa pada acara lelang tersebut penyelenggara menuturkan hanya ada 50 komputer Apple 1 yang tersedia, yang berasal dari seluruh dunia. Komputer legendaris tersebut diciptakan oleh Steve Jobs dan Wozniak, mereka memproduksi perangkat tersebut dalam jumlah 200 unit pada tahun 1970-an.

Sejak dilakukan lelang pada tahun 2005 silam, Christie’s belum pernah melelang komputer Apple 1 tersebut yang memungkinkan diminati oleh banyak orang yang menginginkan untuk membeli Apple 1.

“Kami berasumsi bahwa ini bisa membawa pesana lagi. Namun, kami merekomendasikan teknisi yang bersertifikat untuk menangani ini,” ujar Christie’s.

Perangkat tersebut memang masih terlihat original meskipun kabarnya memiliki banyak goresan yang terdapat pada motherboard. Penawaran pertama untuk komputer legendaris Apple generasi pertama ini dimulai dari 300 ribu hingga 500 ribu poundsterling  atau yang berada pada kisaran harga sekitar Rp 10 miliar.

Sementara pada masa silam, komputer Apple generasi pertama ini telah mengalami masa perhentian produksinya sekitar pada tahun 1977. Untuk spesifikasi sendiri, perangkat ini memiliki CPU 6502, kemudian RAM berkapasitas 8kb dalam sebuah chip memori 16-pin 4K. Kemudian, terdapat kapasitor power supply, soket low-profile pada seluruh sirkuit yang telah terintegrasi juga sebuah kaset mini.

Sebelumnya, pada tahun 2012 pada sebuah rumah lelang Sotheby’s di New York telah melakukan pelelangan komputer pertama Apple. Komputer pertama dari Apple tersebut kabarnya mencapai hasil lelang senilai USD180ribu.

Komputer Apple yang cukup legendaris ini pertama kali dirancang pada tahun 1976 leh salah satu pendiri Apple Steve Wozniak lalu kemudian dipasaran oleh Steve Jobs, yang juga merupakan bagian dari tokoh pendiri Apple. Lahirnya komputer pertama Apple ini juga yang mengawali karir Jobs sebagai guru desain pada dunia komputer. Baca juga Google dan Nasa Kembangkan Komputer Kuantum Super dan Komputer Android Dengan Harga 700 Ribuan

Top