Jelang Perilisan, Film Biografi Steve Jobs Tuai Banyak Kecaman

Film Biografi Steve Jobs Undang Kecaman dari Orang Terdekat – Sebuah film biografi yang menceritakan mengenai kehidupan Steve Jobs di masa lalu memantik kecaman dari para petinggi Apple dan orang-orang yang pernah memiliki hubungan personal dengan Steve Jobs. Meski mendapat kecaman, kritik, dan ancaman dari orang terdekat Jobs, faktanya film yang disutradari oleh sutradara kenamaan Danny Boyle itu malah mendapat tanggapan positif dari kalangan kritikus film terkenal.

Jelang Perilisan Film Biografi Steve Jobs Tuai Banyak Kecaman

Sebagai bentuk protes terhadap film, orang-orang terdekat Jobs kini kompak untuk menentang film ini, karena film tersebut lebih memvisualisasikan sosok Jobs yang diperankankan Michael Fassbender terlihat begitu kejam dan tidak manusiawi. Film ini bahkan secara eksplisit dinilai menggambarkan sosok yang jauh dari sosok sebenarnya Jobs, bahkan lebih kompleks jika dibandingkan dengan film Jobs yang sebelumnya diperankan oleh Ashton Kutcher.

Menurut pasangan Jobs, Laurene Powell, film ini jauh dari valid dan bertolak belakang dengan kehidupan dan watak asli dari Steve Jobs. Laurene pun juga menolak mentah-mentah untuk terlibat dalam film ini, dan dengan tegas Powell menolak penayangan film ini secara resmi.

“Laurene Powell Jobs menolak membicarakan apapun yang mengganggunya dari naskah Aaron, meskipun saya telah minta berulang kali. Dia mengatakan sangat membenci buku tentang Jobs itu dan semua film yang berdasarkan buku itu tak mungkin akurat,” kata produser Scott Rudin dikutip dari Berita Teknologi, hari Jumat (9/10).

Senada dengan janda Jobs, beberapa kerabat dan teman dekat dari almarhum Jobs juga ikut mengkritik pedas film ini.

“Semua generasi akan berpikir tentang Jobs dengan cara berbeda setelah mereka melihat film yang menggambarkannya secara negatif ini. Dan dia sudah tidak ada untuk membela dirinya,” ujar Bill Campbell mantan Dewan Direksi Apple.

CEO Apple saat ini juga tak absen melontarkan kecaman untuk film yang belum rilis itu. Bahkan Tim Cook berpikir jika film Jobs terbaru hanya memikirkan profit dan mengabaikan fakta atas kehidupan Jobs.

“Saya pikir banyak orang mencoba menjadi oportunis dan saya membencinya,” ungkap Cook tak mau kalah memberikan komentar tajam.

Bos desain Apple juga merasa kecewa dengan film soal Jobs yang dinilainya sangat berbeda dengan kehidupan Jobs asli.

“Keluarga dan teman dekatnya sangat kecewa dengan film ini. Kami merayakan dan mengingat kehidupan Steve Jobs dan di saat yang sama ada film dan aku tak mengenal siapa di film itu,” ujar Jonathan Ive dengan nada penuh kekecewaan.

Sebagai informasi, film tentang Steve Jobs ini diproduksi oleh studio terkenal Universal Pictures dan dijadwalkan rilis di Amerika Serikat pada hari ini tanggal 9 Oktober 2015. Baca juga Mengenang Sang Jenius yang Perfeksionis, Steve Jobs dan Apple Terima Kritikan Pedas Terkait Penggunaan Apple Pencil pada iPad Pro.

 

Top