Ini Dia, Tameng Ampuh Buat Malware!

Mau Tahu Cara Mudah Hindari Malware? – Jagad maya memang merupakan area yang tak dapat terhindarkan dari segala jenis malware. Dari mulai yang ringan hingga malware kelas berat yang akan dengan mudah menginfeksi dan berkembang biak pada perangkat mobile pengguna. Kejahatan yang sering disebut dengan cyber crime tersebut tentunya akan dengan mudah menyadap sistem meskipun hanya memasuki sistem pengguna ataupun hingga mencuri data pribadi dari pengguna semuanya telah mampu melakukan operasi dengan cerdas dan canggih.

mau-tahu-cara-mudah-hindari-malware

Nah, dewasa ini perkembangan malware memang semakin meningkat dan mengkhawatirkan. Bahkan tak jarang banyak malware yang telah berhasil mengeruk keuntungan bagi pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meskipun telah begitu marak kasus penyerangan malware, namun tetap saja masih banyak pengguna yang masih sangat awam dan tidak tahu menahu tentang serangan dan infeksi malware tersebut. Jadi, memang pengetahuan tentang malware dan cara menghindari atau memberantasnya memang sangat penting untuk diketahui sebagai perlindungan.

Dony Koesmandarin, seorang Territory Channel Manager Kaspersky Indonesia mengatakan bahwa apapun jenisnya, malware tetap saja merupakan serangan yang berbahaya bagi perangkat pengguna. Tetapi, selama user atau pengguna tetap aware terhadap bagaimana menjaga perangkat, serangan dan infeksi malware akan dapat dihindari.

Dony juga menjelaskan, kebanyakan user menggunakan anti virus guna memberantas malware yang menyerang jadi mayoritas pengguna baru akan menggunakan anti virus setelah mengetahui bahwa perangkatnya diserang malware, padahal anti virus yang digunakan tersebut sebenarnya bukan untuk menyembuhkan atau menghilangkan malware tetapi justru untuk mencegah adanya malware yang masuk.

Selain pengetahuan tentang malware juga anti virus, cara lain juga dapat dilakukan yaitu dengan mencari tahu banyak informasi mengenai ciri-ciri dari sebuah malware. Saking tak pernah ada habisnya perkembangbiakan malware, memang sangat sulit untuk mengetahui satu persatu ciri dari file yang sebenarnya adalah malware. Benar saja, karena menurut dari catatan Kaspersky akan ada 325.000 file baru yang sangat berbahaya untuk setiap harinya. Nah, salah satu cara mencari tahu file yang berbentuk malware yaitu dengan memperhatikan file-file yang akan mampu menduplikasi dirinya. Itulah salah satu jenis file yang berupa malware.

Dony menuturkan bahwa sebenarnya anti virus tersebut bukan akan memblokir file dengan ciri-ciri malware tersebut, hanya saja memberikan notifikasi atau warning kepada pengguna. Baca juga Perangkat iOS di Cina dan Taiwan Mulai Diserang Malware YiSpecter dan Ribuan Situs WordPress Terjangkit Malware

Top