Hati-hati! Malware Makin Beringas

Malware Mulai Serang Jutaan Rekening Bank di Inggris – Malware, memang bukan lagi hal yang asing terdengar pada era yang serba mudah ini. Hadirnya perangkat-perangkat canggih di era teknologi saat ini memang selalu diiringi dengan sekelompok malware yang mencari keuntungan pribadi dengan merugikan pihak lain. Namun, kali ini sudah diatas batas umum lagi. Malware yang biasanya menyerang  pengguna pada perangkat mobile kali ini telah memiliki jurus cerdas dengan menyerang langsung pada rekening bank.

malware-mulai-serang-jutaan-rekening-bank-di-inggris

Menurut laporan yang beredar, jutaan akun rekening bank di Inggris telah terancam bahaya malware. Menurut pernyataan dari National Crime Agency (NCA) malware ini melakukan penyerangan dengan menggunakan versi lain dari malware Dridex dan telah berhasil mengeruk sebanyak 20 juta poundsterling di negara tersebut.

Berdasarkan laporan Computing  yang dirangkum dari halaman techno.okezone, Jumat (16/10/2015) yang menyatakan bahwa malware Dridex juga dikenal dengan sebutan Bugat atau Cridex. Program kejahatan tersebut telah dikembangkan oleh pelaku kejahatan dunia maya di Eropa Timur, yaitu dengan cara mengambil data-data penting dan detail terkait informasi bank secara online.

Penyadap tersebut juga dapat memiliki akses untuk mencuri uang dari pemilik akun, baik akun individu ataupun milik perusahaan bisnis di seluruh dunia.

NCA juga menyatakan bahwa saat ini yang mnejadi target yaitu Institusi finansial global dan sistem pembayaran yang berbeda.

Informasi adanya pembobolan dari akun bank tersebut mulai muncul pada saat beberapa bulan setelah perusahaan keamanan komputer dan National Computer Emergency Response Team di Inggris memberi peringatan tentang adanya kelompok tersebut yang bermarkas di Rusia.

Kelompok para hacker ni diperkirakan sedang menargetkan para pemilik akun bank yang bertempat di Inggris. NCA juga telah memperingatkan para pengguna internet yang jumlahnya telah mencapai ribuan ini bahwa mereka kemungkinan juga telah terinfeksi oleh serangan malware tersebut, hanya saja dampak dari serangan itu belum terlihat.

Upaya dari NCA saat ini yaitu melakukan beberapa solusi untuk membasmi malware yang telah terlanjur menginfeksi pada komputer atau perangkat-perangkat lainnya. Aktivitas yang disebut dengan botnet ini juga ikut melibatkan FBI dan National Cyber Crime Unit (NCCU) yang akan berusaha memulihkan serta memberi keamanan yang maksimal terhadap data dari para korban. Baca juga Mau Tahu Cara Mudah Hindari Malware? dan Ribuan Situs WordPress Terjangkit Malware

Top