Hati-hati! Lockscreen pada Android Lollipop Mudah Dibobol

Lockscreen pada Ponsel Android Lollipop Ternyata Mudah Dibobol – Teknologi tinggi selamanya tak bisa menjamin keamanan. Setinggi dan secanggih apapun sebuah teknologi, selalu saja ada cara untuk mematahakannya. Saat ini, penggunaan smartphone berteknologi canggih tak semata-mata untuk keperluan berkomunikasi saja. Dengan semakin beragamnya kegiatan yang dapat dilakukan dengan menggunakan smartphone, tentu saja pengguna akan semakin banyak yang menaruh file-file penting atau data privasi kedalam smartphone mereka. Untuk itulah sistem pengunci yang aman mutlak diperlukan pada smartphone guna mejaga privasi penggunanya.

lockscreen-pada-ponsel-android-lollipop-ternyata-mudah-dibobol

Salah satu fitur keamanan paling sederhana pada sebuah perangkat ponsel pintar bersistem operasi Android adalah pengunci layar atau lockscreen menggunakan pola tertentu, deretan angka, atau menggunakan password. Penggunaan sistem keamanan ini memang bertujuan agar file penting atau privasi yang terdapat pada smartphone menjadi lebih aman dari para tangan jahil. Namun ternyata, fitur lockscreen pada sistem operasi Android pun mudah dibobol.

Sistem penguncian lockscreen, entah itu menggunakan pola, angka, PIN atau password lainnya ternyata tak sepenuhnya aman. Khusus untuk penguncian dengan password, tingkat keamanannya justru menjadi yang paling rawan. Entah seberapa sulit kamu memberikan password, tetap saja smartphone Android dapat dibobol dengan mudah.

Seperti dilansir oleh DetikInet, saat kita menggunakan mode penguncian lockscreen, pasti fitur yang dapat diakses tanpa perlu membuka kode hanyalah dialer panggilan darurat dan kamera. Nah, cara membobol password pada mode lockscreen ternyata cukup mudah. Sobat Begawei tinggal masuk ke opsi pintas kamera, setelah itu cobalah akses ke setting. Saat kamu mengakses setting lazimnya diminta untuk memasukan password terlebih dahulu. Pada langkah inilah proses ‘pembobolan’ password bisa dilakukan.

Langkah pertama, masukan sebanyak mungkin karakter kedalam kolom password, atau kamu juga bisa mengetikkan beberapa karakter lalu copy dan paste-kan ke kolom tersebut secara berulang-ulang sehingga karakter pada kolom password semakin panjang.

Saat kamu telah memasukkan banyak karakter ke dalam kolom password, tunggulah hingga kolom tersebut crash. Ketika kolom password crash, maka tampilan akan kembali ke tampilan kamera. Saat tampilan layar ada pada opsi kamera, sobat Begawei tak perlu keluar dari tampilan tersebut, cukup ditunggu saja.

Jika tampilan pada opsi kamera juga crash, maka sobat Begawei akan dibawa ke tampilan homecreen Android. Jika sudah masuk ke homescreen, berarti password Android sudah berhasil dibobol. Tentunya juga kamu sudah bisa melakukan hal apapun jika sudah berada pada tampilan homescreen. Mudah kan?

Nah, untuk antisipasinya, kami menyarankan agar sobat Begawei lebih memilih opsi mengunci layar dengan mode lain, seperti menggunakan pola atau PIN. Kasus ini baru ditemukan pada smartphone bersistem operasi Android Lollipop. Namun sobat Begawei tak perlu risau karena kabarnya Google segera memperbaiki masalah ini melalui update terbaru setelah mendengar bahwa mode lockscreen menggunakan password mudah dibobol. Baca juga Kode Inti Android Menjadi Incaran Malware Stagefright dan  Android Lollipop Alami Kerentanan Terhadap Lockscreen.

Top