Hasil Riset Menunjukkan Netizen Indonesia Kurang Produktif

Hasil Riset Menunjukkan Netizen Indonesia Kurang Produktif – Perusahaan riset marketing dan media sosial ternama, MarkPlus Insight baru saja merilis hasil riset mereka mengenai perilaku pengguna internet di Indonesia lewat situs resmi media online mereka Marketeers.

Hasil Riset Menunjukkan Netizen Indonesia Kurang Produktif

Sayangnya, Markeeters tak menyebutkan secara lengkap kepada pengakses mengenai jumlah sampel data dan demografi yang digunakan dalam riset yang mereka lakukan. Namun, dari hasil riset yang dilakukan Markplus Insight membuka fakta-fakta terbaru mengenai pengguna internet di tanah air.

Hasil riset pertama menunjukkan aktivitas tidak produktif yang dilakukan netizen Indonesia, dari 93 responden ternyata mayoritas mengatakan bahwa mereka mengakses internet hanya untuk media sosial, 59 persen melakukan chatting, 41 persen mengunduh konten termasuk konten bajakan, dan 15 persen lainnya mengakses internet untuk belanja online. Hal ini bukan berita baru lagi, sebab media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Path memiliki jutaan penggemar di Indonesia.

Hasil riset kedua menunjukkan aktivitas produktif yang dilakukan netizen di Indonesia seperti membaca portal berita online, berkirim email, atau memanfaatkan internet untuk berjualan online. Dari riset tersebut, mengungkapkan bahwa 69 persen responden melakukan aktivitas browsing, 46 persen membaca berita dan 31 persen mengirim dan menerima email. Sementara untuk yang mengakses internet sebagai media jaualan online hanya mencapai prosentase yang tak lebih dari 3 persen.

Secara personal, orang yang mengakses internet untuk berjualan di Indonesia memang tergolong kecil. Penjual online di Indonesia kalah dengan situs atau lapak jual beli online yang semakin menjamur di Indonesia. Apalagi situs e-commerce di Indonesia saat ini masih dikuasai oleh situs jual beli Bussines to Consumer (B2C) seperti situs marketplace Tokopedia, Bukalapak, Elvenia, dan lain-lain yang memiliki 200.000 lebih merchant di Indonesia.

Dari hasil riset di atas, kesimpulan yang bisa kita tarik adalah netizen atau pengakses internet di Indonesia memang masih kurang produktif ketika membuka internet. Mayoritas di sekeliling kita memanfaatkan akses internet hanya untuk media sosial dan melakukan chatting bersama dengan teman-temannya. Nah, kawan Begawei masuk kategori netizen yang mana? Baca juga Pengguna Android Terus Meningkat dan Tokopedia dan Bukalapak Blokir Penjual Gading Ilegal.

Top