Hackathon 2.0, Pencarian Aplikasi Pemecah Permasalahan Nasional

Hackathon Merdeka, Gelar Kompetisi Serentak 28 Kota – Gelaran yang diadakan oleh PT Telkom Indonesia Tbk yang bekerja sama dengan komunitas forum teknologi informasi (IT) Code4Nation yaitu ajang Hackaton Merdeka 2.0. Ajang tersebut merupakan sebuah kompetisi yang akan digelar 24-25 Oktober 2015 mendatang dan dilakukan serentak  di 28 kota di seluruh Indonesia.

hackathon-merdeka-gelar-kompetisi-serentak-28-kota

Ajang yang digelar tersebut memang digelar serentak, namun kompetisi pembuatan aplikasi selama 24 jam tersebut hanya akan dibuka di Bandung Digital Valley, Telkom Bandung.

Hacktahon merupakan sebuah gerak horizontal yang akan menumbuhkan digitalpreneur di Indonesia, yang mana hal tersebut nantinya diharapkan akan menghasilkan manfaat yang luar biasa pada komunitas IT di Indonesia. Begitulah yang diungkapkan oleh Indra Utoyo selaku Director Innovation and Strategic Potrofolio Telkom.

Pada kompetisi ini, konten yang diciptakan yaitu aplikasi yang mampu memanfaatkan teknologi informasi sebagai solusi pemecahan permasalahan nasional. Sehingga diharapkan hasil dari kompetisi yang diadakan tersebut akan mampu menghadirkan sejumlah solusi pemecahan masalah pada sektor pengumpulan data secara cepat dan akurat tentang kependudukan.

Pada kesempatan yang bebarengan, Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika yang juga menghadiri konferensi pers turut menuturkan bahwa visi dari gelaran Hackathon tersebut telah sesuai dengan visi dari revolusi mental yang digemakan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Seperti kutipan yang dilansir pada halaman Viva.co.id, Selasa (20/10/2015),” Aplikasi yang dikembangkan di Hackathon ini berkaitan dengan dengan masalah kependudukan, dimana hal tersebut selaras dengan revolusi mental menyangkut kewarganegaraan, etos kerja, dan gotong royong,” ungkapnya.

Kemudian informasi terkait ajang tersebut juga menyangkut 28 Kota yang sebelumnya telah dikatakan. Kota tersebut diantaranya yaitu Banda Aceh, Toba, Medan, Pekanbaru, Palembang, Belitung, Tangerang, Depok, Bogor, Bandung, Cirebon, Garut, Banyumas, dan Wonosobo. Kemudian Kota lainnya yaitu Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, Pontianak, Balikpapan, Makassar, Mamuju, Manado, Denpasar, Sumbawa, Ambon, Jayapura, dan Sydney (Australia).

Informasi dilanjutkan dengan pemberitahuan mengenai kelangsungan acara tersebut yaitu selama Hackathon ini berlangsung, Telkom akan memberikan dukungan secara penuh antara lain dengan memberikan lokasi pelaksanaan yang dapat dimanfaatkan seperti Digilal Valley, Digital Lounge, serta Kantor Telkom yang berada di seluruh Indonesia. Selain itu, dukungan juga diberikan melalui fasilitas koneksi internet, hosting, streming dan juga logistik. Baca juga Presiden Joko Widodo Akan Sambangi Lembah Silikon dan Lazada Akan Gelar Diskon Terbesar Bulan Depan

Top