Guru dan Murid SMK Ciptakan Alat Anti Begal Motor

Guru dan Murid SMKN 8 Bandung Buat Perangkat Anti-Begal 800 Ribuan – Guru dan Murid SMKN 8 Bandung Buat Perangkat Anti-Begal 800 Ribuan – Seorang Guru di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 8 Bandung yang bernama Iwa Nirwana berhasil mnegembangkan perangkat anti begal motor. Alat ini sendiri ia kembangkan bersama dengan beberapa muridnya dengan estimasi biaya pembuatan adalah Rp 800 ribuan.

Guru dan Murid SMK Ciptakan Alat Anti Begal Motor

Perangkat anti begal ciptaan anak bangsa ini sendiri hanya menggunakan komponen lokal, dengan prinsip perpaduan hardware dan software.

“Pembuatannya sangat hati-hati, karena telepon seluler, laptop, atau sepeda motornya bisa meledak,” kata Iwa dilansir dari laman Tempo Tekno, pada hari Senin (19/10).

Dalam proses pengerjaannya, Iwa dibantu oleh tujuh orang murid dari kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor dan Tenik Kendaraan Ringan, dengan waktu pengerjaan kurang lebih dua bulan. Awalnya, Iwa membuat perangkat keras (hardware) terlebih dahulu untuk ditempatkan di sepeda motor, menyusul aplikasi pengendali alat yang terpasang pada smartphone berbasis Android.

Di dalam hardwarenya, Iwa menempatkan integrated circuit (IC) 328 P mikro sebagai otak pengendali alat yang memiliki fungsi untuk menyalakan atau mematikan mesin sepeda motor. Lalu juga ada komponen penerima dan pemancar sinyal bluetooth serta Wi-Fi. Sistematika kerjanya dengan cara disambungkan ke empat kabel yang tertuju ke kunci kontak, starter, klakson, dan lampu sepeda motor.

“Dua kabel lain ke sumber listrik atau aki bertegangan kurang dari 5 volt, ” ujar Iwa yang berprofesi sebagai guru Jurusan Teknik Sepeda Motor. Iwa juga menjelaskan sistematika kerja alat ini menggunakan listrik untuk membuat alat tetap terjaga setelah pemilik menyalakan tombol On.

Pengembangan alat anti begal ini sebenarnya sudah dimulai pada bulan Agustus kemarin dari nol, hingga akhirnya pengembangan ini bisa untuk memutuskan dan menghidupkan mesin sepeda motor lewat pengendalian jarak jauh via aplikasi yang terpasang pada perangkat bersistem operasi Android. Lewat sinyal bluetooth atau Wi-Fi, sepeda motor yang dicuri oleh pembegal dengan cara paksa, mesinnya bisa dimatikan dari jarak 100 hingga 500 meter.

“Kalau sinyal bluetooth harus bebas dari halangan tembok, sinyal Wi-Fi bisa diperkuat dengan alat lain,” tambahnya.

Dengan alat ini, penjahat pastinya tak bisa berbuat apa-apa untuk melarikan kendaraan curiannya. Sementara pada aplikasinya, terdapat juga pilihan di layar monitor smartphone seperti fitur stop kontak, starter, kemudian pilihan lainnya untuk klakson, gas, dan rem..

Alat yang memiliki dimensi sebesar korek api, nantinya bisa dipasang secara tersembunyi pada sepeda motor yang lokasinya masih bisa dijangkau oleh sinyal. Tak hanya sepeda motor, alat ini juga bisa dipasang untuk mobil. Direncanakan tahun ini Iwa masih akan terus mengembangkan alat ciptaannya termasuk bentuknya yang akan disempurnakan. Baca juga Flashdisk Mungil Mematikan Buatan Dark Purple dan Aplikasi Siri dan Google Now Bisa Diretas dari Jarak Jauh.

 

Top