Google Photos Terus Menanjak, Ancaman Serius Bagi Instagram

Pertumbuhan Google Photos Lebih Pesat Daripada Instagram – Bulan Juli lalu, kita sempat dihebohkan dengan kasus algoritma Goole Photos setelah aplikasi ini melakukan kesalahan dengan mengidentifikasi dua Afrika-Amerika secara rasis. Akibat kejadian tersebut, membuat Google Photos banjir kecaman, sehingga akhirnya petinggi Google harus meminta maaf dan serta merta melakukan revisi ulang pada program Google Photos.

Google Photos Terus Menanjak, Ancaman Serius Bagi Instagram

Kontradiktif dengan kasus di atas, kini Google Photos sudah hadir dengan algoritma yang lebih baik. Bahkan kasus di atas tak berpengaruh banyak terhadap kelangsungan Google Photos, yang terjadi justru Google Photos melesat, dengan pertumbuhan yang terus menanjak dibandingkan aplikasi serupa yang lebih dulu dirilis.

Hal tersebut langsung dikemukakan oleh Chris Perry yang menjabat sebagai Product Manager Google Photos, yang diungkapkannya di Google Blog, hari Selasa, 24 Oktober kemarin. Chris mengatakan jika saat ini layanan Google Photos sudah melewati target 100 juta pengguna aktif hanya dalam interval lima bulan setelah peluncurannya.

Jika dibandingkan dengan layanan serupa, Instagram misalnya. Ketika pertama kali diluncurkan, Instagram menggaet 100 juta pengguna aktif  butuh waktu lebih lama yakni 2,5 tahun. Meskipun kini Instagram memiliki lebih dari 400 juta pengguna.

Lantas apa yang membuat Google Photos begitu cepat meraih popularitas? Hal tersebut dikarenakan, Google Photos menawarkan fitur melimpah untuk pengguna. Bahkan pengguna Google Photos akan diberikan kapasitas penyimpanan yang tidak terbatas yang bisa digunakan untuk menampung foto dan video. Layanan ini meliputi penyimpanan file berkualitas tinggi, dengan pencetakan dan dukungan berbagi yang paling cepat, dibandingkan fitur berbagi milik kompetitornya seperti Facebook dan Twitter. Google Photos juga bisa menampilkan link berbagi ‘https’ untuk tiap foto yang diunggah dan dapat disalin kapanpun.

Dengan beragam kemampuannya, tak salah jika banyak pakar teknologi yang memuji habis-habisan algoritma pencarian cepat dan handal di Google Photos. Selain itu Google Photos juga mudah pengoperasiannya lewat tampilan antar muka yang dirancang minimalis.

Dari sekian banyak foto yang diunggah di Google Photos, foto makanan adalah yang paling banyak diposting. Menyusul kemudian foto pernikahan, konser, dan event-event lainnya. Lalu Google juga mengungkapkan banyak pengguna yang mengunggah foto anjing, mobil, lingkungan kota Paris, bayi, dan animasi GIF. Baca juga Instagram Kenalkan Aplikasi Foto Bergerak dan Google dan Facebook Jadi Pelopor Konektivitas Internet dengan Laser dan Radio.

 

Top