Google dan Microsoft Akhirnya Sepakat Akhiri Perebutan Hak Paten

Google & Microsoft Sepakat Akhiri Perebutan Paten – Telah kita ketahui bersama dua perusahaan teknologi raksasa yang berbasis di Negeri Paman Sam, Google dan Microsoft sejak awal memang berlomba-lomba dalam berbagai hal. Salah satunya mengenai perebutan hak paten atas teknologi maupun inovasi yang mereka temukan. Ternyata saat ini hal tersebut tak akan terjadi lagi. Pasalnya Google dan Microsoft telah sepakat untuk mengakhiri pertikaian mereka dalam urusan paten. Dari informasi yang ada kedua perusahaan raksasa yang bergerak dalam bidang teknologi ini menyetujui bahwa seluruh gugatan hukum yang telah dilayangkan sebelumnya dibatalkan.

Google & Microsoft Akhirnya Sepakat Akhiri Perebutan Hak Paten

Google dan Microsoft sendiri memang memiliki sejarah saling bersengketa dalam hal hak paten yang cukup sengit  dan dalam waktu yang cukup lama. Salah satunya Google pernah menuntut royalti atas perangkat game konsol andalan miliki Microsoft, Xbox. Sedangkan Microsoft sebelumnya menerapkan keputusan untuk memblokir ponsel Motorola di Amerika Serikat karena menggunakan fitur yang dimiliki perusahaan besutan Bill Gates yang mana sebelumnya Motorola merupakan miliki Google.

Dengan terjadinya kesepakatan ini, maka Google dan Microsoft resmi mengakhiri pertikaian yang ada dan membatalkan sekitar 20 gugatan yang pernah diajukan ke pengadilan selama lima tahun terakhir. Kedua puluh paten tersebut diketahui memiliki keterkaitan dengan teknologi pada smartphone, WiFi serta protokol web video.

Akhirnya dengan terjadinya kesepakatan ini, Google dan Microsoft pun menyatakan akan saling bekerjasama dalam hal paten agar dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak bagi konsumen serta saling memajukan teknologi dan inovasi perusahaan.

Diinformasikan pula bahwa keduanya akan menerapkan sistem pengembangan bebas royalti, salah satunya pada teknologi kompresi video untuk mempercepat pengunduhan. Selain itu, nantinya Google dan Microsoft juga akan melobi aturan khusus mengenai sistem paten yang terpadu di wilayah Eropa kerena jika aturan tersebut tetap berlaku maka akan menyulitkan kedua belah pihak.

Menariknya lagi, seperti dikutip dari DetikINET yang dilansir oleh Bloomberg, Jumat (2/10/2015), dua layanan lainnya yakni Amazon dan Netflix juga akan turut serta di dalamnya. Tentu saja dengan hal tersebut akan memberikan manfaat lebih besar bagi konsumen ke depannya. Baca juga Tiru Apple Music, Google Play Music akan Berbayar dan Google Turut Rayakan Penemuan Air di Mars.

  • Salman Gustian

    Nice information, informasi disini sangat aktual, lanjutkan!!

  • keren.. apalagi 2 vendor ini adalah perusahaan yang benar-benar berpengaruh didunia teknologi sampai saat ini

Top