Google Ajak Project Loon Mengudara di Tanah Air Tahun 2016

Sempat Ditentang, Google Loon Hadir Tahun Depan – Proyek menantang dan inovatif dari Google untuk menciptakan akses internet merata pada setiap pelosok wilayah bakal segera hadir di Indonesia. Meski sempat ditentang oleh bebrapa perusahaan telekomunikasi, kini Google dikabarkan sudah merangkul tiga operator terbesar di Tanah Air, yakni XL Axiata, Telkom, dan Indosat untuk bekerja sama membawa Google Loon ke Indonesia.

Google Siap Ajak Project Loon Mengudara di Tanah Air Tahun Depan

Saat ini persebaran akses internet di Indoensia memang dinilai belum merata, hal ini lantaran di Indonesia sendiri terbagi dari bermacam pulau dengan jumlah lebih dari 17 ribu pulau. Penetrasi internet di Indonesia sendiri dinilai cukup lamban, sehingga tak salah jika Google Loon merupakan solusi tepat demi terciptanmaya akses internet merata di setiap penjuru Indonesia. Hal ini juga diungkapkan oleh Mike Cassidy, yang menjabat sebagai ketua Project Loon, juga turut menyatakan jika Indonesia masuk dalam target ribuan balon yang akan dikirim Google.

Sistematikanya, balon tersebut akan menerima gelombang sinyal dari BTS milik operator telekomunikasi, lantas operator kemudian memancarkan kembali gelombang tersebut ke daerah-daerah terpencil dari langit. Lewat sistematika tersebut, jaringan internet lewat balon diharapkan sanggup mengakomodasi Wi-Fi ke 17.00 pulau yang ada di Indonesia.

Sementara itu untuk waktu dan tanggal perilisan Google Loon di Indonesia, Google masih enggan untuk membocorkannya lebih lanjut. Namun dilansir dari Techinasia, pada hari Kamis (29/10), diprediksi jika proyek ambisius tersebut dimulai pada awal tahun 2016 lewat masa percobaan selama satu tahun menggunakan frekuensi 900 Mhz di lima titik di atas wilayah Sumatera, Kalimantan , dan Papua Timur.

Sebagai informasi, sebelumnya beberapa perusahaan telekomunikasi merasa apa yang dilakukan Google tidaklah fair, dan proyek ini bisa mengancam kelangsungan perusahaan telekomunikasi di Tanah Air.

“Sudah jelas, proyek tersebut tidak hanya akan membahayakan Telkom, tapi juga akan membahayakan perusahaan telekomunikasi lain.[…],” ungkap Indra Utoyo selaku Direktur Innovation & Strategic Portfolio Telkom dilansir dari Jakarta Globe.

Namun kini nampaknya hal tersebut sudah bisa teredam, mengingat Presiden RI Joko Widodo, sudah melakukan kontak dengan Google demi terealisasinya proyek Google Loon segera mengudara di Indonesia, dan sanggup menghasikan akses internet lebih merata di nusantara. Baca juga Google dan Facebook Jadi Pelopor Konektivitas Internet dengan Laser dan Radio dan Lebih Dari Setengah Penduduk Bumi Tidak Bisa Akses Internet.

Top