Facebook Luncurkan TechPrep untuk Mendorong Masyarakat Menjadi Programmer

TechPrep Fitur Terbaru dari Facebook untuk Belajar Pemrograman – Saat ini bisa dibilang pemrograman adalah satu faktor penting dalam dunia teknologi komputer. Sebenarnya tidak hanya soal komputasi saja, pemrograman juga menyangkut pada segala aspek yang kita temui dalam kehidupan sehari-hari, misalnya smartphone, mobil, televisi, atau perangkat teknologi lain saat ini sudah memiliki bahasa pemrograman tersendiri.

Facebook Luncurkan TechPrep untuk Mendorong Masyarakat Menjadi Programmer

Sadar jika saat ini pemrograman adalah salah satu unsur penting di bidang lapangan pekerjaan, namun dari statistik yang Facebook himpun ternyata peminat ilmu komputer di dunia masih rendah. Hal inilah yang kemudian membuat Facebook meluncurkan TechPrep yaitu sebuah situs yang akan memberikan informasi kepada pengguna mengenai cara belajar ilmu komputer.

Diansir dari Engadget, hari Selasa (27/10), TechPrep diharapkan mampu memberikan saran mengenai layanan serta perangkat yang pengguna butuhkan untuk belajar bahasa pemrograman berdasarkan klasifikasi umur, kompetensi, serta tujuan pengguna belajar. Untuk yang ingin belajar bahasa pemrograman kelas pemula, situs TechPrep juga menyediakan pelajaran bahasa pemrograman secara sederhana seperti Scratch, dan situs ini dinilai sangat cocok untuk remaja yang berminat pada bidang pemrograman komputer.

Sedangkan untuk kalangan dewasa yang sudah mengerti dasar-dasar pemrograman, maka TechPrep menyediakan materi pelajaran mengenai bahasa pemrograman yang jauh lebih kompleks. Meskipun hal yang dilakukan Facebook cenderung sederhana, namun dengan rencana Facebook ini bisa menjadikan masyarakat tahu jika ilmu pemrograman sangatlah luwes dan menjanjikan karir yang potensial di masa depan.

“TechPrep menjelaskan pada orangtua dan murid mengenai pemrograman, mengapa pemrograman itu penting dan pekerjaan apa saja yang bisa didapatkan oleh seorang yang mengerti pemrograman,” ungkap Mark Zuckerberg, CEO Facebook, melalui status Facebook miliknya.

Sayangnya di Indonesia kita belum dapat menikmati program TechPrep yang menjanjikan ini, padahal saat ini di Indonesia pekerja yang bergelut dalam dunia IT masih sangat rendah. Mirisnya di Indonesia, kebanyakan perusahaan teknologi atau startup berskala besar justru mempekerjakan ahli IT dari luar negeri. Padahal saat ini, dalam perkembangan dunia teknologi kebutuhan akan programmer di Tanah Air terbilang cukup tinggi, bersamaan dengan banyaknya perusahaan teknologi bermunculan di Indonesia. Baca juga Ternyata, Google Terbentuk Dari 2.000 Juta Baris Teks dan Fitur E-Comerce Pada Facebook Lahir Dari Kebiasaan Unik Orang Indonesia.

 

 

Top