Facebook Hadirkan “Free Basics by Facebook”!

Facebook Berikan Internet Gratis ke Afrika via Satelit – Setelah beberapa berita dengan gamblang menyatakan perkembangan jejaring sosial Facebook yang semakin menyajikan banyak fitur bagi pengguna, kali ini berita positif tentang Facebook kembali mengiringi kemauan yang cukup pesat.

facebook-berikan-internet-gratis-ke-afrika-via-satelit

Facebook telah berhasil membuktikan bahwa satelit akan turut memberikan peran yang begitu besar untuk mendukung fasilitas internet gratis Facebook ke seluruh dunia. Awalnya, memang pembahasan mengenai kemampuan satelit dalam mendukung Akses internet gratis masih belum menemui titik temu. Tetapi, kemarin pada hari senin 5 Oktober 2015 Facebook telah memberikan perubahan besar.

Pihaknya, memberikan pengumuman bahwa telah menjalin kerja sama dengan spesialis komunikasi Perancis Eutelsat untuk melakukan penyambungan konektivitas ke lebih dari 14 negara dengan jumlah penduduk yang paling padat  di benua Afrika.

Kedua pihak antara Facebook dan Eutelsat tersebut akan bekerja sama dengan perusahaan di Israel Spacecom untuk mendayagunakan seluruh muatan broadband pada satelait AMOS-6, yang kabarnya akan dijadwalkan tahun ini.

Yang lebih menarik, SpaceX, yang ditetapkan oleh Federal Communitaions Commissions (FCC) untuk meluncurkan satelit broadband downlink sendiri pada bulan Juni yang akan mengawal AMOS-6 untuk melakukan orbit menggunakan roket Falcon 9 miliknya.

Seiring dengan adanya proyek Internet.org yang telah memicu kemarahan dalam beberapa bulan terakhir di India atas netralis dan transparansi maka Facebook melatarbelakangi aplikasi ini dibuat berbeda dari inisiatif Internet.org yang lebih luas. Facebook memberikan nama aplikasi tersebut dengan “Free Basics by Facebook” serta menambahkan 60 layanan baru dar pengembang yang telah mendaftarkan proyek tersebut.

Facebook juga mengupayakan agar dapat memulai transmisi pada pertengahan tahun 2016, sehingga dapat menghubungkan orang-orang yang berada pada lokasi di luar jangkauan  akses internet tetap.

Ternyata memang bukan hanya satelit yang memberikan akses internet gratis saja yang mulai direncanakan oleh Facebook. Namun pihaknya juga membangun Aquila, sebuah pesawat tanpa pengemudi yang memanfaatkan tenaga surya dengan panjang 140 kaki (42,67 meter) yang juga dapat menyediakan internet dari ketinggian 60.000 kaki hingga 90.000 kaki. Kabarnya pesawat tanpa awak tersebut akan mulai dilakukan pengujian sekitar akhir tahun 2015 ini. Baca juga Facebook Ikuti Jejak Youtube dengan Video 360 Derajatnya  dan Belgia Ancam akan Menuntut Facebook Rp4 Miliar per Hari

Top