Facebook Akui Dirinya Sebagai Aplikasi Penguras Baterai

Dua Masalah dari Facebook, Penyebab Baterai Ponsel Terkuras – Setelah beberapa waktu dituding sebagai “penjahat” yang menyebabkan terkurasnya baterai ponsel, akhirnya Facebook secara resmi mengumumkan bahwa mereka memang mengalami masalah yang menyebabkan borosnya penyerapan daya baterai pada ponsel khususnya iPhone.

dua-masalah-dari-facebook-penyebab-baterai-ponsel-terkuras

Penyebab yang terjadi adalah dikarenakan aplikasi Facebook ini ternyata tetap berjalan pada background meskipun sudah dimatikan secara manual oleh si pengguna.

“Kami menemukan ada beberapa masalah kunci dan telah mengidentifikasi  penambahan peningkatan pada versi aplikasi yang telah dirilis baru-baru ini. Begitulah yang diungkap oleh Manajemen Teknik Facebook, Ari Grant yang dilaporkan melalui akun Facebooknya dan dilansir dari halaman VivaTekno, Sabtu (24/10/2015).

Pada kesempatan yang sama Grant juga memaparkan bahwa sumber masalah yang ditemukan tersebut bernama “putaran CPU” yang berada dalam kode jaringan Facebook. Grant juga mengatakan bahwa putaran CPU tersebut merupakan proses akses berulang-ulang yang menyebabkan aplikasi Facebook memakan baterai secara lebih banyak dibandingkan dengan situasi normal.

Sementara, untuk masalah kedua adalah cara Facebook mengatur audio playback. Grant menuliskan, bahwa terkadang fitur audio akan terus berjalan dikarenakan kurang telitinya si pengguna. Menurutnya, hal ini terjadi pada saat pengguna meninggalkan akses Facebook setelah menonton sebuah video.

Dalam kondisi tersebut, terkadang sesi audio masih akan tetap terbuka dan aktif sehingga Facebook akan menjalankan audio secara diam-diam.

Kondisi semacam itu, terjadi seperti saat pengguna menutup aplikasi musik namun masih ingin tetap mendengarkan musik sementara pengguna melakukan hal yang lainnya.

Dari pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa sebenarnya pengguna tidak mematikan music tetapi hanya menutup halaman music dan untuk player tetap berjalan.

“Jadi, aplikasi Facebook sebenarnya tidak melakukan apapun dalam keadaan seperti ini, tapi aplikasi masih menghisap (daya), karena terjaga oleh latar belakang (aplikasi yang dijalankan),” ujarnya.

Grant kemudian menegaskan, bahwa masalah terkurasnya baterai pada iPhone tak memiliki hubungan dengan  dengan fitur-fitur berbasis lokasi ataupun riwayat lokasi milik Facebook.

Dengan adanya permasalahan tersebut, tentu saja tim Facebook akan melakukan perbaikan yang maksimal terhadap fitur-fitur baru yang akan dirilisnya. Baca juga Google dan Facebook Jadi Pelopor Konektivitas Internet dengan Laser dan Radio dan Fitur E-Comerce Pada Facebook Lahir Dari Kebiasaan Unik Orang Indonesia

Top