Dengan Indosat, Kini 12 Juta Pedagang Pasar Tradisional Bisa Akses Internet Gratis

Kini 12 Juta Pedagang Pasar Tradisional Bisa Akses Internet Gratis – Salah satu operator terbesar di Indonesia, Indosat, saat ini sedang gencar untuk terus memperluas program internet.org di Indonesia. Setelah sebelumnya Indosat menyentuh daerah pelosok dan pedesaan, kini Indosat akan memberikan akses internet gratis di tempat yang familiar dengan transaksi jual beli yaitu pasar tradisional. Tak tanggung-tanggung, Indosat siap berikan akses internet gratis untuk 12 juta pedagang pasar tradisional di seluruh Indonesia.

12 Juta Pedagang Pasar Tradisional Bisa Akses Internet Gratis

Untuk merealisasikan target tersebut, Indosat sudah menandatangani dokumen Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dengan Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI). APPSI sendiri adalah asosiasi yang mewadahi pedagang pasar tradisional di seluruh Indonesia, dengan tujuan organisasi menciptakan daya saing pasar tradisional dengan pasar ritel modern yang kini sudah mewabah di lingkungan masyarakat Indonesia. Selain itu APPSI juga memiliki gagasan untuk mensejahterakan para pedagang pasar tradisional yang semakin hari semakin tersisih.

“Kami berharap internet.org akan memudahkan para pedagang pasar dalam memperoleh informasi dan mendukung kegiatan perdagangan mereka, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan mereka,” ucap Alexander Rusli selaku CEO Indosat dalam keterangan tertulisnya pada hari Sabtu (3/10) kemarin, dilansir dari Vivanews.

Alex juga menjelaskan lebih detail mengenai akses internet gratis yang akan diberikan kepada pedagang pasar tradisional di Indonesia. Akses internet yang akan diberikan Indosat antara lain akses ke berita umum, info kesehatan, info lapangan pekerjaan, info pendidikan, info layanan publik, dan ke depannya info harga komoditas pokok harian. Informasi tersebut bermanfaat untuk menambah produktivitas pedagang pasar tradisional dan bisa menjadi acuan dalam memantau kondisi komoditas pasar saat ini.

Hal senada juga diungkapkan Sandiaga Uno,selaku Board of Advisor APPSI, yang menyatakan bahwa apa yang dilakukan Indosat adalah cara mulia dalam pemanfaatan teknologi sebagai media yang bisa bermanfaat bagi 12 juta pedagang pasar tradisional. Dengan adanya program ini, kini pedagang pasar tradisional tak akan lagi kehilangan informasi relevan sehingga mampu mengefisiensikan kinerja mereka dalam berdagang.

Sebagai tambahan, internet.org adalah program yang digagas Facebook bertujuan menyediakan akses internet untuk masyarakat yang belum bisa terhubung dengan internet. Indosat dalam program internet.org tersebut adalah operator seluler pertama yang menyediakan akses internet gratis bagi masyarakat Indonesia, khususnya yang masih kesulitan mengakses internet. Baca juga Pemerintah Tak Akan Persulit Startup di Indonesia dan Lebih Dari Setengah Penduduk Bumi Tidak Bisa Akses Internet.

Top