Bukalapak Beberkan Kunci Sukses Sebagai E-Commerce

Bukalapak Bocorkan Cara Sukses untuk Startup – Hanya butuh waktu empat tahun buat Bukalapak.com bisa meraup suskes di dalam negeri sehingga menjadikannya sebagai salah satu platform e-commerce yang cukup populer di Tanah Air. Padahal seperti yang kita tahu situs e-commerce di Indonesia sendiri terlalu banyak sehingga persainganpun berlangsung sengit. Nah, apa saja yang menjadi faktor kesuksesan Bukalapak sehingga bisa menjadi raksasa startup di Indonesia?

Bukalapak Beberkan Kunci Sukses Sebagai E-Commerce

Ternyata kesukesan Bukalapak tidak lepas dari empat faktor yang mendasarinya, hal tersebut diamini juga oleh Achmad Zaky, selaku CEO dan founder Bukalapak.com dikutip dari detikINET (31/10), ketika mengisi acara konfrensi startup Sydstar, di Sidney, Australia.

Beberapa faktor yang turut membuat Bukalapak sukses diungkapkan oleh Willix Halim, yang merupakan Vice President Growth dari Freelancer.com selaku penyelenggara acara yang membeberkan beberapa hal bagaimana Bukalapak bisa sukses di Indonesia. Pertama soal momentum.

“Mereka hadir saat penetrasi internet di Indonesia sedang tinggi-tingginya, jadi mereka itu right time in right place,” ujar Willix.

“Eksekusi harus fast, seperti Bukalapak, mereka langsung meluncurkan usahanya setelah melihat ada peluang. Pada akhirnya, yang paling cepat biasanya akan berakhir paling bagus,” ungkap Willix lebih lanjut.

“Kedua, Bukalapak mampu mengembangkan perusahaan lewat internet marketing menggunakan data-driven yang baik sekali. Ketiga, startup ini didukung oleh tim yang ahli,” beber Willix lagi.

Lantas hal tersebut juga disetujui oleh Ahmad Zaky, yang mana Zaky juga sepakat dengan apa yang diungkapkan Willix mengenai faktor penentu kesuksesan perusahaan e-commerce yang dirintisnya tersebut. Namun bagi Zaky ada hal lain lagi yang turut mendorong Bukalapak hingga bisa berkembang seperti sekarang ini, Zaky menambahkan satu hal yang juga penting bagi Bukalapk adalah mengenai diferensiasi dengan cara merangkul lokalitas.

“Kekuatan startup di Indonesia adalah embrace locality. Merangkul lokalitas. Bukalapak jualan kambing pas lebaran haji kemarin. Siapa sangka yang terjual sampai 2.500 ekor, terbanyak yang bisa dijual e-commerce.” Ungkap Zaky.

“Selain itu juga jualan sembako dan batu akik, itu adalah bentuk kita merangkul lokalitas,” tambah Zaky lagi.

Willix sendiri juga setuju dengan faktor tersebut, dimana ia menilai Indonesia memiliki deretan startup yang sukses justru karena lokalitasnya.

“Di Indonesia startup yang jualan lokal seperti Go-jek bisa laku karena dia embrace locality. Di dunia nggak ada yang sifatnya lokal banget kayak Indonesia,” tutup Willix. Baca juga Bubu Awards Nobatkan Bukalapak Sebagai e-Commerce Terbaik dan Persaingan E-Commerce Lokal Semakin Ketat.

Top