Bandung dan Yogyakarta Diproyeksikan Jadi Silicon Valley Indonesia

Bandung dan Yogyakarta Berpotensi Menjadi Silicon Valley Indonesia – Seperti yang sudah kita ketahui, Presiden RI Joko Widodo beserta pejabat lainnya, diberitakan akan berkunjung ke Amerika Serikat beberapa waktu mendatang. Dan Silicon Valley adalah destinasi utama Presiden ketika berkunjung ke negeri Paman Sam tersebut.

Bandung dan Yogyakarta Diproyeksikan Jadi Silicon Valley Indonesia

Tambahan informasi, Silicon Valley adalah sebuah wilayah di kawasan California, Amerika Serikat. Wilayah ini sendiri merupakan basis berkumpulnya perusahaan teknologi, mulai dari startup hingga raksasa dunia seperti Microsoft, Google, dan Facebook juga menjadikan Silicon Valley sebagai markasnya. Rencananya, kunjungan ke Silicon Valley bakal dimanfaatkan Presiden RI dan Kemkominfo untuk membahas beberapa hal, mulai dari startup hingga e-commerce yang kini mulai populer di Tanah Air.

Menanggapi Silicon Valley, bahkan suatu hari, menurut Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara, Indonesia bisa saja memiliki Silicon Valley. Dengan ibukota Jakarta sebagai poros utamanya. Tapi jika berbicara soal kreativitas di bidang teknologi, menurut Rudiantara ada wilayah lain yang selama ini memiliki daya cipta lebih baik daripada Jakarta.

“Namun, bicara soal kreativitas, itu merujuk ke kota Bandung dan Jogja,” kata Rudiantara, dikutip dari Okezone, Kamis (22/10).

Rudiantara juga menyebut alasan mengapa Yogyakarta dan Bandung bisa menjadi Silicon Valley-nya Indonesia, hal itu lantaran selain memiliki kreativitas tinggi, baik Yogyakarta dan Bandung juga kerap menjadi basis utama perkembangan startup di Indonesia, dimana banyak startup nasional yang lahir dari kedua kota tersebut.

Untuk Bandung, mungkin hal tersebut wajar. Pasalnya, walikota Bandung saat ini, Ridwan Kamil, tengah mengembangkan Bandung Teknopolis di kawasan Gede Bage. Bandung Teknopolis nantinya akan dirancang seperti Silicon Valley sebagai basis perusahaan teknologi.

Selain itu, rencananya dalam lawatan pemerintah ke Silicon Valley, Rudiantara juga mengutarakan akan mempelajari perihal perkembangan e-commerce skala global. Dengan mempelajari e-commerce, Rudiantara berharap dapat menyempurnakan roadmap e-commerce di Indonesia yang saat ini memang tengah ‘digodog’ oleh pemerintah.

Bagi Rudiantara, saat ini adalah waktu yang tepat bagi pemerintah untuk berperan aktif dalam perkembangan industri digital di Tanah Air, demi terbentuknya ekosistem e-commerce dan startup yang baik. Pasalnya saat ini startup di Indonesia sulit berkembang karena berjalan sendiri-sendiri oleh operator dan individu tanpa dukungan dari pemerintah. Baca juga Persaingan E-Commerce Lokal Semakin Ketat dan Presiden Joko Widodo Akan Sambangi Lembah Silikon.

Top