Asal Mematuhi Regulasi, Pemerintah akan Dukung Penuh Startup di Indonesia

Pemerintah Tak Akan Persulit Startup di Indonesia – Acara Indosat IDByte 2015 telah memasuki waktu terakhir atau puncak acara yang jatuh pada tanggal 2 Oktober 2015. Pada acara pamungkas Indosat IDByte 2015 dibuka oleh CEO Bubu, yaitu Shinta Danuwardoyo dan tak ketinggalan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo), Rudiantara juga turut serta memberikan sambutan untuk perhelatan ini.

Asal Mematuhi Regulasi Pemerintah akan Dukung Penuh Startup di Indonesia

“Indonesia memiliki potensi di sektor industri ekonomi digital dan internet. Hal ini juga membantu Kemenkominfo dalam mempromosikan berbagai aplikasi untuk mendorong broadband di Indonesia,” ujar Rudiantara, dalam kata sambutannya di acara Indosat IDByte 2015 dikutip dari Techinasia pada hari Senin (5/10).

Pada kesempatan yang sama selain memberikan sambutan, Rudiantara juga menyampaikan mengenai dukungannya terhadap kemajuan bisnis kreatif startup di Indonesia. Sebagai implementasi dari dukungan terhadap bisnis kreatif ini, Menkominfo era Presiden Joko Widodo tersebut juga sudah mempersiapkan wadah permodalan. Berbagai regulasi juga sudah dipertimbankan Menkominfo demi mempermudah perkembangan startup di tanah air.

Namun sebelum memberikan dukungan penuh, pemerintah meminta kepada para startup untuk melakukan pendaftaran secara resmi ke Kominfo. Tujuan pendaftaran tersebut adalah agar pemerintah dapat menciptakan langkah strategis untuk memajukan bisnis startup Indonesia.

“Dari awal, Menkominfo tidak ingin mempersulit. Hanya saja, setiap startup harus memiliki kejelasan informasi badan hukum dan nama yang digunakan. Cukup registrasi dan bawa ke notaris sudah cukup, karena konsumen juga butuh kepastian dan keamanan dalam menikmati layanan yang ditawarkan” ujar Rudiantara kepada undangan yang hadir.

Perhatian rudiantara yang besar terhadap startup juga sudah dibuktikan sebelumnya. Beberapa waktu setelah menjabat sebagai Menkominfo, Rudiantara sudah sempat berdiskusi dengan komunitas startup di Indonesia. Dalam diskusi antar belah pihak tersebut, Rudiantara memiliki komitmen besar untuk menciptakan startup unicorn beberapa waktu lagi.

“Kuncinya hanya perlu pengaturan yang tepat dan menjamin keamanan semua pihak,” imbuhnya.

Sebagai informasi, acara Indosat IDByte adalah acara yang diselenggarakan setiap setahun dengan mendatangkan beberapa pelaku industri terkenal demi membahas industri ekonomi yang berhubungan kuat dengan sistem digital dan internet. Baca juga Mahasiswa ITS Ciptakan Charger HP dari Sepeda dan Garena Indonesia Angkat Bicara, Terkait Kisruh Akun Point Blank.

Top