Apple Terobsesi Kawinkan Chip LTE Intel dengan iPhone 7

1000 Orang Dikerahkan Dalam Pengembangkan Chip LTE untuk iPhone 7 – Saat ini Intel dikabarkan sedang mengerahkan seribu karyawannya guna mengembangkan chip modem LTE 7630 untuk handset terbaru Apple yaitu iPhone 7. Hal ini tentu tak lazim, karena untuk saat ini seperti yang kita ketahui iPhone 6S maupun 6S Plus menggunakan chip Qualcomm 9 x 45 LTE.

Apple Terobsesi Kawinkan Chip LTE Intel dengan iPhone 7

Dipekerjakannya seribu karyawan mengindikasikan jika Intel sedang memiliki proyek besar dalam membuat chip modern. Hal ini dilakukan Intel, karena mereka sadar jika selama ini nama Intel masih terlalu kecil untuk industri mobile, tak seperti dominasi mereka di industri desktop.

Selain itu, Apple juga menjadi penyebab mengapa Intel sangat ‘ngoyo’ dalam pengembangan chip. Disebutkan jika Apple menuntut Intel terlalu banyak demi perpaduan sempurna untuk performa iPhone 7 nantinya. Selain itu, Apple juga memastikan jika Intel benar-benar akan membuat chip yang berkualitas dan sempurna untuk perangkat terbaru Apple.

Sebagai bentuk dukungan, Apple juga telah mengutus beberapa karyawan terbaiknya di bidang teknologi nirkabel untuk terbang ke Muenchen, Jerman, tempat dimana chip 7360 LTE diproduksi. Hal ini sebagai bentuk dukungan Apple agar chip terbaru Intel nanti benar-benar sesuai dengan keinginan Apple.

Berdasarkan analisis dari Northland Capital Markets menuturkan jika modem 7360 LTE akan ditanamkan di flagship terbaru Apple yakni iPhone 6S serta 6S Plus untuk pasar Asia dan Amerika Latin. Namun nampaknya analisis tersebut keliru, pasalnya hal tersebut tidak pernah terbukti. Analisis tersebut kemudian bergeser jika chip atau modem Intel 7360 LTE akan digunakan untuk flagship terbaru Apple, yakni iPhone 7 yang belum pasti jadwal perilisannya.

Begitu terobsesinya Apple, bahkan Apple saat ini sedang berpikir keras untuk mengkonsolidasikan SoC dan chip modern dalam satu bagian yang diharapkan bisa meningkatkan performa serta kecepatan chip, terutama juga untuk aspek penghematan konsumsi daya. Selain itu Apple juga bersedia memberikan lisensi teknologi modern LTE dari Intel yang saat ini juga tengah mengembangkan SoC. Dikabarkan Intel tengah membuat chip SoC menggunakan prodes teknologi 14nm. Baca juga Apple Didenda Lebih dari Rp 3 Triliun Karena Langgar Hak Paten dan Intel dan LINE Kerja Sama Dukung Pengembang Software.

Top