Xiaomi Luncurkan Operator Seluler Milik Sendiri

Xiaomi Luncurkan Operator Milik Sendiri Bernama Mi Mobile – Xiaomi semakin menunjukkan keseriusannya dalam menguasai pasar teknologi di Asia, terutama di negara asalnya Tiongkok. Pada tanggal 22 September yang lalu, Xiaomi menggelar sebuah acara yang agenda utamanya adalah perkenalan smartphone terbarunya, yaitu Xiaomi Mi 4c. Selain memperkenalkan ponsel pintar terbarunya, ternyata Xiaomi juga punya agenda lain. Ya, di tanggal itu pula Xiaomi meluncurkan jaringan operator seluler miliknya sendiri yang diberi nama Xiaomi Mi Mobile.

xiaomi-luncurkan-operator-milik-sendiri-bernama-mi-mobile

Dengan ‘mengudaranya’ Mi Mobile, maka operator seluler mandiri milik Xiaomi tersebut akan berhadapan langsung dengan para raksasa operator seluler di Tiongkok yang telah lama beroperasi seperti China Mobile, China Telecom, dan juga China Unicorn. Sebagai informasi, saat ini China Mobile memiliki lebih dari 800 juta pelanggan, China Unicorn dengan 300 juta pelanggan, serta China Telecom yang digunakan oleh sekitar 200 juta pelanggan. Jika ditotal, pengguna ketiga operato raksasa tersebut mencapai 1,3 miliar pelanggan di negara yang memiliki populasi 1,37 miliar orang tersebut.

Xiaomi Mi Mobile sendiri akan menjadi operator seluler MVNO yang menyewa kapasitas jaringan dari operator seluler lain di Tiongkok. Rencananya, Mi Mobile akan hadir dengan dua tipe layanan seluler, yakni Pay-as-you-go di mana pelanggan akan dikenakan biaya USD0,2 untuk setiap menit pada panggilan telefon, setiap mengirim SMS, serta setiap penggunaan 1 MB data internet.

Sedangkan untuk pelanggan yang memiliki prioritas penggunaan data internet bisa membeli paket data seharga USD 9,25 untuk kuota 3 GB data internet namun akan dikenakan tarif sama, yaitu USD 0,2 untuk panggilan telefon, setiap SMS, dan akses data 1 MB jika kuota tersebut habis.

Layanan Pay-as-you-go milik Xiaomi Mi Mobile sendiri sudah dioperasikan sejak tanggal 23 September yang lalu. Sementara untuk pilihan  paket data 3 GB rencananya akan mulai hadir secara menyeluruh pada medio Oktober mendatang.

Keputusan Xiaomi untuk meluncurkan jaringan seluler sendiri memang terhitung sangat berani. Hingga saat ini, tercatat baru vendor smartphone yang identik dengan warna oranye itu yang memiliki operator seluler sendiri. Hal ini tentunya menunjukkan bawah Xiaomi benar-benar ingin menguasai dunia teknologi di negara asalnya, Tiongkok. Baca juga Chipset Xiaomi Meluncur Tahun Depan dan Doogee Kembali Hadirkan Smartphone Bertenaga Super Besar.

Top