Xerox Kembangkan Chip Komputer yang Bisa Meledak

Xerox Kembangkan Chip Komputer yang Bisa Meledak – Sepertinya film Mission Impossible atau buku berjudul Private Vegas karangan penulis kawakan James Petterson menjadi inspirasi para insinyur Xerox PARC yang bermarkas di California, Amerika Serikat, untuk mengembangkan chip komputer dengan kemampuan ‘self destruction’ atau dapat meledak dengan sendirinya. Self destruction yang ada pada chip tersebut, berguna untuk mengamankan data dan informasi-informasi yang bersifat sensitif yang tersimpan dalam komputer.

xerox kembangkan chip komputer self destruction

Chip yang dikembangkan oleh Xerox, dapat meledak menjadi beberapa bagian dan inovasi ini dikembangkan sebagai salah satu proyek dari Vanishing Programmable Resources yang dilakukan oleh DARPA. Tak main-main, material chip tersebut sudah dibuat dari material sekelas Gorilla Glass yang telah dipadatkan dan dimodifikasi dengan sedemikian rupa, bukan material plastik atau logam biasa.

Umumnya, material Gorilla Glass biasa digunakan pada perangkat smartphone, phablet, maupun tablet. Menurut beberapa ahli sains, pertukaran ion pada Gorilla Glass yang telah dimodifikasi tersebut dapat menciptakan suatu reaksi, yakni sepotong kaca berjenis Gorilla Glass apabila ditekan kuat maka akan pecah serta hancur berkeping-keping dan sama sekali tidak menyisakan data yang bisa diinput oleh pencuri.

Tim pengembangan kemudian mendemonstrasikan teknologi tersebut dengan menggunakan laser untuk memicu self destruction. Ternyata proses penghancuran diri tidak hanya bisa dipicu dengan menggunakan laser, namun bisa juga lewat sinyal radio atau tombol fisik.

Dengan adanya fitur peledakan diri tersebut, chip yang dikembangkan Xerox diharapkan akan menjadi inovasi teknologi yang berguna di masa mendatang. Sehingga pihak asing tidak akan dapat mencuri atau mengakses data-data pribadi yang bersifat sensitif, milik pengguna ataupun milik perusahaan. Untuk kali pertama, teknologi ini diproyeksikan akan digunakan untuk kepentingan militer dan pemerintahan, karena akhir-akhir ini marak pencurian data di kalangan pemerintah serta militer, sehingga membuat pihak keamanan militer dan pemerintah gerah.

Jika nantinya proyek tersebut berhasil, maka akan dikomersialkan untuk dapat digunakan di perangkat-perangkat mainstream. Namun untuk bisa digunakan di smartphone atau perangkat lainnya Xerox PARC masih terus mengembangkan chip dalam bentuk yang lebih sederhana serta masih akan menjalankan program trial dan error pada chip ini. Baca juga IBM Luncurkan Chipset Komputer Terkencang Di Dunia dan Software Canggih Dikhawatirkan Akan Ambil Alih Fungsi Otak Manusia.

Top