Xavion, Aplikasi yang Bisa Bantu Pilot Daratkan Pesawat

Xavion, Aplikasi yang Bisa Bantu Pilot Daratkan Pesawat – Di perkembangan teknologi yang semakin modern, bermacam aspek kehidupan manusia pun kini semakin dipermudah. Termasuk dalam hal profesi. Baru-baru ini muncul aplikasi unik bernama Xavion, aplikasi Xavion ditujukan untuk pengguna iPad. Bukan sekedar pengguna iPad biasa, namun pilot pesawat.

xaion aplikasi untuk pilot pesawat

Biasanya seorang pilot memerlukan skill yang mumpuni untuk lepas landas ataupun melakukan pendaratan untuk pesawatnya. Namun sekarang pekerjaan pilot sudah dipermudah dengan aplikasi Xavion. Aplikasi tersebut memiliki sistem kerja yang uik, yaitu bisa mengambil alih sistem pilot otomatis dan mendaratkan pesawat ketika dalam konsisi darurat.

Aplikasi Xavion diciptakan oleh pengembang software yang cukup terkenal yaitu Austin Meyer. Cara kerja dari Xavion adalah aplikasi ini terhubung langsung dengan sistem autopilot dari pesawat via koneksi Wi-Fi. Aplikasi Xavion dapat dijadikan co pilot dan membantu membimbing pilot untuk melakukan penerbangan ke bandara terdekat, ataupun kawasan pendaratan darurat lain ketika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dalam pesawat, kegagalan mesin misalnya.

Austin Meyer mengungkapkan bahwa hasil uji coba dari Xavion telah cukup berhasil. Xavion ketika ditest dengan pesawat, sanggup membawa pesawat hingga menyentuh landasan pacu. Kemudian untuk menghindari pendaratan kasar, pilot akhirnya mengambil alih.

Aplikasi ini dirancang untuk dapat membaca data dari sensor di dalam iPhone maupun iPad, kemudian secara otomatis Xavion menentukan lokasi dan ketinggian pesawat. Memanfaatkan sinyal GPS, Xavion juga dapat menampilkan penelusuran jalur via darat, kecepatan pesawat ketika di darat, serta kecepatan vertikal dari pesawat terbang. Jika terjadi kegagalan dalam sebuah instrumen, Xavion akan secara sistematik menampilkan perkiraan cadangan bersumber dari sensor dalam iPad.

Para ahli penerbangan memuji langkah besar Austin Meyer yang mengembangkan Xavion. Mereka berpendapat dahulu teknologi semacam ini hanya terdapat pada pesawat terbang pribadi kelas atas atau sekelas Boeing 747, namun berkat Xavion, kini pesawat-pesawat kecil dapat merasakan teknologi serupa. Namun Xavion dinilai masih belum sempurna, maka dari itu penting bagi pilot untuk menghentikan fungsi autopilot ketika akan mendarat, karena Xavion belum dilengkapi dengan fitur Cat III Autoland.

Saat ini aplikasi Xavion dijual dengan harga US$ 199 atau sekitar Rp 2,6 jutaan. Baca juga Ponsel Dapat Menjadi Obat Anti Mabuk Laut dan WeChat Tawarkan Fitur Pinjaman Uang Kepada Pengguna.

 

 

Top