Waspada! Pengguna Firefox Rawan Terkena Cyber-attack

Pengguna Firefox Rawan Terkena Cyber-attack – Mozilla selaku pembuat browser Firefox, baru-baru ini mengungkapkan bahwa ada peretas yang berusaha untuk mencuri informasi-informasi yang bersifat rahasia dari Bugzilla. Dan peretas akan menggunakan data yang dicuri tersebut untuk menyerang pengguna browser Firefox.

Pengguna Firefox Rawan Cybe-attack

Saat ini Mozilla sudah berupaya dengan menonaktifkan akun yang berhasil dibobol oleh peretas, namun upaya tersebut sepertinya akan sia-sia mengingat peretas sudah berhasil memiliki informasi-informasi yang didapatkannya dari Bugzilla.

Informasi tersebut merupakan celah-celah yang ada di dalam Firefox, dan bisa digunakan untuk menyusupkan file ke dalam server miliki Mozilla. Beruntung Mozilla sudah lebih dulu merilis pembaruan dari tanggal 27 Agustus yang lalu, di mana pembaruan ini dapat digunakan untuk menutup semua celah yang memungkinkan sudah diketahui oleh peretas.

Namun berdasarkan data yang diperoleh dari National Vulnerability Database (NVD), sebelumnya sudah menyebutkan bahwa meskipun Firefox dan sejumlah browser lainnya terus melakukan inovasi untuk peningkatan kemanan serta layanannya, peretas selalu satu langkah di depan mereka untuk melakukan cyber-attack. Mozilla juga masuk dalam tiga browser paling rentan terkena serangan internet dari peretas mendampingi dua browser lainnya seperti Internet Explorer dan Google Chrome.

Dikutip dari detikinet, Selasa, (12/9/2015), Mozilla saat ini merupakan browser dengan pengguna terbanyak kedua di dunia, sehingga Mozilla tak akan main-main dengan sistem keamanan di browser buatannya ini, sehingga Mozilla akan mati-matian untuk terus meningkatkan keamanan di browser miliknya.

Sebagai informasi, Bugzilla adalah mini aplikasi buatan Mozilla yang diciptakan untuk mendeteksi keberadaan bug yang terdapat di Firefox. Aplikasi ini tidak bisa diakses oleh publik dan informasi-informasi penting di dalamnya hanya bisa diakses oleh orang-orang terpercaya di Mozilla. Akan sangat gawat jika bug tersebut bisa diakses oleh peretas untuk mencuri informasi.

Saat ini Mozilla tengah mengadakan investigasi lebih lanjut mengenai pembobolan yang terjadi ini. Jika investigasi ini berhasil, Mozilla tidak akan main-main untuk membuat peretas jera dengan tindakan Mozilla akan melaporkan kasus ini kepada pihak yang berwajib untuk ditangani lebih lanjut. Baca juga Mozilla Layangkan Protes untuk Microsoft  dan Mozilla dan Google Pecah Kongsi.

Top