Waspada! Malware Kembali Ancam Pengguna Android

Kode Inti Android Menjadi Incaran Malware Stagefright – Semakin maraknya malware yang menyerang dan menginfeksi sistem yang dimiliki oleh pengguna, memang cukup meresahkan. Beberapa sistem menjadi error akibat serangan malware dan tak jarang file-file penting justru hilang. Ada juga malware yang mampu mengambil alih sistem administrator dan mengendalikan semua akun milik pengguna.

kode-inti-android-menjadi-incaran-malware-stagefright

Seperti saat ini, dikabarkan bahwa pengguna Android untuk lebih waspada lagi karena telah diketahui sebuah malware yang ternyata hadir mengincar kode inti dari Android yaitu Malware Stagefright. Malware ini akan menyerang semua password yang ada di ponsel dan mengacaukan sistem di dalamnya.

Himbauan terkait sistem keamanan dari perangkat mobile kini semakin diperkeras karena memang saat ini telah ditemukan sebuah malware yang juga kembali memberikan ancaman terhadap pengguna Android. Biasanya, serangan pada Android ini akan berupa pesan multimedia yang dikirim oleh peretas untuk mendapatkan akses masuk terhadap sistem pengguna. Meskipun pengguna sama sekali tidak menyentuh pesan tersebut, namun ternyata peretas telah mendapatkan akses masuk terhadap sistem.

Celah keamanan tersebut ditemukan oleh perusahaan kemanan internet Zimperium sekitar dua bulan yang lalu. Stagefright marupakan nama malware yang diambil dari nama library sistem operasi Android. Malware tersebut mampu membuat penyerang menguasai sistem pada ponsel korban dari jarak jauh tanpa kecurigaan sedikitpun dari korban.

Analisis yang dilakukan oleh Zimperium menyatakan bahwa source code dari Android Open Source Project, memiliki kelemahan mendasar. Penyerang hanya membutuhkan nomor ponsel korban lalu menginjeksi melalui pesan MMS. Malware dapat menginfeksi sistem secara ganas, karena tanpa sang korban membuka file MMS tersebut sistem telah dapat dikuasai oleh peretas.

Ketika malware tersebut telah mampu memasuki sistem perangkat korban dan terinstall, kemudian dirinya dapat menghilangkan jejak sehingga korban tidak akan pernah menyadari bahwa perangkatnya telah dimasuki oleh penjahat.

Saat ini, untuk malware Stagefright ini menyerang pada sistem operasi Android KiKat dan Lollipop.

Tim Zimperium juga menyarankan kepada semua pengguna Android untuk menghubungi manufaktur Android serta melakukan konfirmasi terkait pembaruan firmware yang berhubungan dengan masalah tersebut. Baca juga Android Lollipop Alami Kerentanan Terhadap Lockscreen dan Ditemukan Jutaan Malware Tipe Terbaru

Top