Waspada! 39 Aplikasi iOS di Apple App Store Terjangkit Malware

39 Aplikasi iOS di Apple App Store Terjangkit Malware – Setelah beberapa hari lalu Apple mengumumkan peluncuran sistem operasi gadget terbarunya yakni iOS 9 yang disambut gembira oleh para penggunanya. Beberapa saat lalu muncul informasi yang kurang sedap baik bagi Apple yang membuat takut penggunanya. Di mana setidaknya terdapat 39 aplikasi iOS di Apple App Store terjangkit program berbahaya (malware), yang dapat mengancam penggunanya. Hal tersebut diungkapkan oleh para peneliti dari lembaga keamanan Palo Alto Networks (PAN).

39 Aplikasi iOS di Apple App Store Terjangkit Malware

PAN menyatakan bahwa malware yang ada aplikasi iOS tersebut merupakan serangan besar pertama terhadap toko aplikasi Apple, App Store. Padahal sebelumnya toko aplikasi Apple tersebut terkenal memiliki benteng pertahanan yang sangat kuat dari ancaman program berbahaya, seperti malware, virus dan lain sebagainya.

Di informasikan bahwa mayoritas aplikasi iOS yang terjangkit program jahat bernama XcodeGhost tersebut merupakan aplikasi gadget Apple yang begitu populer di Tiongkok. Aplikasi tersebut antara lain, aplikasi chatting WeChat, CamCard, Winzip, PocketScanner, dan Didi Kuaidi.

Adanya serangan tersebut di akui oleh pihak Apple. Melalui Cristine Monagan selaku juru bicara Apple menyatakan bahwa peretas telah memodifikasi dan menyalin Xcode, yang mana alat tersebut digunakan untuk mengembangkan dan membuat aplikasi-aplikasi iOS. Diketahui bahwa peretas menggunggah aplikasi jadi-jadian ke App Store melalui kode palsud an identitas sumber yang tak terpercaya. Meskipun begitu, Apple berdalih telah mengambil langkah untuk melindungi para penggunanya dari aplikasi iOS yang terjangkit dari program berbahaya.

“Kami telah menghapus aplikasi-aplikasi dari App Store yang teridentifikasi dibuat dengan perangkat lunak palsu,” ujar Monaghan, seperti dilaporkan oleh New York Times yang dikutip dari laman KompasTekno, Senin (21/9/2015).

Sampai saat ini belum diketahui secara jelas berapa jumlah pengguna yang mengunduh dan menjadi korban atas aplikasi palsu di App Store tersebut. Pan, Alibaba dan beberapa pengembang serta pihak Apple diketahui sama-sama mencari tahu dalang dibalik peretasan aplikasi iOS di App Store. Mereka juga bersama-sama mereduksi dampak negatif bagi para pengguna aplikasi tersebut. Baca juga Apple Suguhkan Aplikasi Migrasi Android ke iOS dan Keunggulan iOS 9 yang Perlu Diketahui.

Top