Walt Disney Investasikan Dana untuk Pengembangan Virtual Reality

Walt Disney Investasikan Dana ke Pengembang Virtual Reality – Setelah beberapa raksasa teknologi dunia ikut-ikutan mengembangkan Virtual Reality (VR), akhirnya membuat perusahaan di bidang hiburan, Walt Disney gerah. Tak main-main, Walt Disney akan ikut dalam proyek Virtual Reality yang selangkah lagi terwujud, dengan menyuntikkan dana besar ke salah satu perusahaan teknologi pengembang VR.

Walt Disney Investasikan Dana untuk Pengembangan Virtual Reality

Siapa perusahaan teknologi yang kebagian suntikan dana dari Walt Disney? Perusahaan itu bernama Jaunt. Jaunt adalah salah satu perusahaan teknologi yang kini sedang mengembangkan teknologi pembuatan film dengan angle video 360 derajat. Jaunt telah menerima suntikan dana yang cukup besar dari Walt Disney sebesar US$ 65 juta yang terbagi dalam pendanaan seri C.

Investasi itu tidak hanya dilakukan oleh Walt Disney seorang, melainkan juga dibantu oleh dua perusahaan lainnya seperti Evolution Media Partner yang merupakan perusahaan media yang dibentuk dari tiga afiliasi perusahaan yaitu Evolution Media Capital, TPG Growth dan Participan Media. Bahkan ada juga perusahaan asal negara Tiongkok yang ikut keroyokan dalam proyek ini, perusahaan itu adalah China Media Capital. Jika dijumlahkan dengan suntikan dana dari beberapa perusahan lainnya, total dana yang didapatkan oleh Jaunt adalah sekitar US$ 100 juta.

“Pendanaan ini akan kami gunakan untuk meningkatkan produksi, baik untuk hardware kamera maupun perangkat software,” ujar CEO dan pendiri Jaunt, Jens Christensen, dalam keterangannya, dilansir dari Viva Tekno, Rabu (23/9/2015).

Christensen juga mengungkapkan dengan adanya suntikan dana tersebut, akan membuat Jaunt bekerja lebih keras dalam pengembangan VR. VR ini akan bisa digunakan untuk industri film, baik untuk produksi film, maupun untuk penonton film.

“Dengan dukungan perusahaan kelas dunia, kami akan mengeksplor hal-hal baru, membangun posisi kepemimpinan kami dalam menghantarkan pengalaman VR dengan perangkat, teknologi, dan tim kreatif terbaik,” ungkap Christensen lebih lanjut.

Melalui Jaunt, perusahaan-perusahaan yang telah menyuntikkan dana untuk pengembangan VR mengaku tertarik dengan pengembangan ini. Mereka juga berharap, teknologi VR dapat memberikan dampak positif untuk industri perfilman, ataupun televisi, games, olahraga, mobile, dan industri hiburan lainnya. Bahkan salah satu perusahaan penyuntik dana, China Media Capital sangat optimis dengan proyek VR dan berharap proyek ini akan segera terealisasikan sebagai bentuk kemajuan teknologi di bidang hiburan.

“Jaunt akan menjadi batu loncatan yang sangat krusial bagi perusahaan kami untuk merevolusi teknologi hiburan dunia,” ujar Chairman of China Media Capital, Ruigang Li. Baca juga MD Dipilih zSpace untuk Teknologi Virtual Reality dan Kacamata Virtual Reality Racikan Oculus akan Mulai Dijual Tahun Depan.

Top