Tertarik dengan UKM di Indonesia, Facebook Ajak Penjual ‘Go-Online’ di Pages

Tertarik dengan UKM di Indonesia, Facebook Ajak ‘Go-Online’ di Pages – Dilansir dari Techinasia, (23/09/2015), Facebook tengah  menggiring para pelaku industri kecil-kecilan (UKM) di Indonesia untuk terus memanfaatkan salah satu fitur yang terdapat di Facebook, yaitu Facebook Pages, sebagai sarana penunjang bisnis UKM di Indonesia. Dengan adanya Facebook Pages, Facebook yang merupakan media sosial paling populer di Indonesia, ingin mengajak wirausahawan memanfaatkan Facebook sebagai tempat untuk berjualan.

Facebook Ajak Penjual Go Online di Pages

Dalam acara Marketing Boot Camp yang berlangsung di Jakarta, 22 September 2015. Facebook memperkenalkan kepada hadirin beberapa fitur terbaru yang ada di Facebook Pages untuk mobile, yang memungkinkan penjual online dapat terhubung lebih mudah dengan pembelinya.

Facebook Indonesia mengungkapkan bahwa Facebook sangat peduli dengan iklim industri UKM di Indonesia, bahkan Facebook tak segan untuk turut membantu pelaku UKM meraih sukses bersama Facebook. Facebook juga memberikan rumus untuk meraih sukses para pelaku UKM di Indonesia melalui rumus 5M + 1T, yaitu Market access, Marketing publicity, Management skill, Mentoring, Money dan Technology access.

Facebook juga sudah melakukan survey dengan koresponden pengguna Facebook di seluruh dunia. Berdasarkan hasil survey tersebut, Facebook Pages rupanya mencapai angka tinggi sebagai sarana untuk berjualan oleh pengguna. Dari hasil survey tersebut, juga terungkap bahwa pengguna Facebook di Indonesia, lebih sering membuka Facebook lewat smartphone, dan mayoritas pelaku UKM memanfaatkan smartphone yang mereka miliki sebagai media berbisnis di Facebook Pages. Survei dari Facebook juga mengungkapkan bahwa lebih dari 1 milyar pengguna mengunjungi Facebook Pages, dan sebesar 61 persennya  berasal dari Indonesia.

Saat ini berdasarkan data Facebook, terdapat 57 juta UKM di Indonesia. Sayangnya dari jumlah tersebut, hanya sekitar 15 juta pelaku UKM yang sudah memanfaatkan layanan Facebook Pages, dan menggunakan fitur ‘go online’ untuk mengenalkan bisnisnya pada khalayak. Untuk terus menggenjot penggunaan ‘go online’, Facebook meluncurkan fitur baru untuk perangkat mobile, yaitu tombol Call to Action yang lebih besar. Tombol itu kini juga diletakkan di bagian bawah cover page, sehingga konsumen dapat dengan mudah menggunakan tombol ini.

Fungsi dari Call to Action adaah untuk mendorong konsumen ketika melakukan pencarian pages pelaku UKM atau bisa juga digunakan untuk melakukan order. Bahkan untuk terus mengembangkan UKM ‘go online’ saat ini Facebook tengah mengembangkan beberapa fitur baru seperti Hubungi Sekarang atau Kirim Pesan. Pada  Facebook Pages, Facebook juga menambah dua fitur terbaru, yaitu Shop dan Service. Shop berguna untuk membantu pengusaha menampilkan berbagai produk yang mereka tawarkan. Sedangkan Service berguna untuk tempat berbagi informasi lokasi UKM yang menawarkan layanannya. Baca juga Facebook Kenalkan ‘Signal’ Sumber Konten Menarik Untuk Jurnalis dan Facebook Akan Rilis Tombol ‘Dislike’.

 

 

 

Top