Tak Bisa Akses Facebook Hari Senin Kemarin? Ini Penyebabnya

Facebook Tak Bisa Diakses Ini Penyebabnya – Dalam pekan ini, Facebook sempat beberapa kali tak bisa diakses oleh pengguna. Terakhir Facebook sempat tak bisa diakses pada hari Senin, tanggal 28 September 2015 kemarin. Lantas mengapa Facebook tak bisa diakses pengguna dan sempat mengalami banyak trouble pada minggu ini?

Tak Bisa Akses Facebook Ini Penyebabnya

Seorang juru bicara Facebook mengungkapkan bahwa alasan Facebook tak bisa diakses oleh pengguna adalah karena problem konfigurasi. Kemudian saat ini, Facebook sudah mengupayakan agar Facebook tak lagi mengalami masalah konfigurasi dan membuat layanan Facebook kembali online.

“Kami saat ini sedang memulihkan layanan Facebook pada pengguna yang mengalami kesulitan mengakses hari ini karena masalah konfigurasi. Kami berupaya untuk membuatnya kembali normal untuk semua orang. Kami meminta maaf kepada mereka yang telah terganggu.” Ucap Juru Bicara Facebook dikutip dari Tempo Tekno, Selasa (29/9/2015).

Sementara itu akibat jaringan konfigurasi yang membuat Facebook mengalami down, Facebook juga sempat mengalami lambat pada tampilannya dan tak bisa diakses oleh banyak pengguna pada hari Senin sore kemarin.

Dashboard pada platform Facebook mencatat ada pemadaman besar yang dilakukan oleh Facebook dimulai pada pukul 12.00 siang setempat. Dashboard tersebut berfungsi untuk memonitor kinerja dari Facebook Graph API, yang biasa digunakan oleh pengembang yang mengintegrasikan layanan mereka dengan Facebook. Kemudian muncul pesan di dashboard yang menyatakan masalah ini pada hari Senin, 28 September 2015 kemarin.

“Sebuah masalah Facebook menyebabkan Facebook Graph API untuk sementara tidak tersedia. Kami bekerja sama dengan tim infrastruktur inti kami untuk mengidentifikasi masalah itu dan akan memberitahu Anda ketika kami memiliki informasi lebih lanjut.” Segera setelah disampaikannya pesan tersebut, dashboard padam dan tidak dapat diakses kembali oleh pengguna.

Dengan kejadian Facebook down pada hari Senin kemarin, menandakan bahwa kejadian ini adalah kali ketiga Facebook mengalami gangguan hanya dalam rentang tidak sampai empatbelas hari. Sebelumnya pada tanggal 17 dan 24 September 2015, Facebook juga mengalami masalah yang serupa. Namun gangguan paling parah adalah yang terjadi pada hari Senin kemarin.

Akibat gangguan Facebook tersebut, banyak pengguna kemudian beralih ke Twitter untuk mengeluhkan gangguan yang terjadi pada Facebook dengan hashtag #FacebookDown. Tak lama kemudian hashtag tersebut langsung viral di Twitter. Untungnya saat berita ini diturunkan, Facebook sudah kembali normal dan sudah bisa diakses. Baca juga Facebook Ikuti Jejak Youtube dengan Video 360 Derajatnya dan Belgia Ancam akan Menuntut Facebook Rp4 Miliar per Hari.

Top