Sering Mainan Gadget Sebelum Tidur? Ini Nih Akibatnya

Sering Bermain Gadget Sebelum Tidur Bisa Berakibat Buruk – Sebuah riset yang dilakukan oleh Brigham and Women’s Hospital berhasil mengungkapkan sebuah fakta menarik tentang penggunaan gadget atau perangkat mobil sebelum tidur. Mengoperasikan gadget, khususnya membaca buku elektronik dari perangkat yang memancarkan cahaya biru atau LED ternyata bisa mengakibatkan efek yang cukup riskan.

sering-bermain-gadget-sebelum-tidur-bisa-berakibat-buruk

Mengoperasikan perangkat gadget sebelum tidur dewasa ini memang telah menjadi kebiasaan banyak orang. Namun, hal itu rupanya memiliki resiko yang bisa mengganggu kualitas tidur.

“Ritme tidur terganggu karena gelombang cahaya pendek (cahaya biru) dari perangkat elektronik,” kata Ane-Marie Chang, ahli neurosains di Sleep and Circadian Disorder Division.

Seperti dikutip dari Science Daily pada Sabtu (19/9), Chang menyatakan bahwa terjadi pengurangan sekresi melatonin saat seseorang membaca e-book sebelum tidur. Melatonin sendiri merupakan hormon di dalam tubuh yang bertugas untuk mengistirahatkan tubuh kita secara otomatis. Saat tubuh lelah, hormon melatonin inilah yang membuat kita merasakan kantuk.

Temuan ini diterbitkan dalam jurnal Proseeding National Academy of Science. Penelitian sebelumnya juga menunjukkan bahwa cahaya biru atau LED yang bersumber dari perangkat eletronik atau gadget akan menekan melatonin pada tubuh, yang menyebabkan tubuh selalu merasa kekurangan tidur.

Studi mengenai efek buruk dari penggunaan gadget sebelum tidur ini dilakukan terhadap 12 orang yang menginap selama dua minggu. Mereka membaca e-book dari iPad selama empat jam sebelum tidur. Mereka melakukan hal tersebut selama lima malam berturut-turut. Hari lainnya, mereka membaca buku cetak.

Saat membaca, para peneliti memindai rapid eyes movement atau gerak mata saat tidur dari peserta. Hasil pemindaian tersebut menyatakan bahwa pembaca iPad mengalami pengurangan sekresi melatonin. Selain itu, iPad pun juga menyebabkan penundaan tidur.

“Karena itu, orang kurang mengantuk dan akan tetap terjaga selama beberapa waktu,” lanjut Chang.

Tak hanya iPad saja, ternyata layar LED pada laptop, ponsel, monitor dan perangkat elektronik lainnya juga menyebabkan efek yang sama, yakni mengurangi sekresi hormon melatonin dan mengganggu ritme tidur. So, kawan Begawei sepertinya harus mengurangi kebiasaan bermain gadget sebelum tidur. Baca juga Qlue:Jakarta Smart City, Aplikasi Solusi Permasalahan di Jakarta dan Ditemukan Jutaan Malware Tipe Terbaru.

Top