Selangkah Lebih Maju, AS Mulai Sentuh Layanan 5G

Amerika Serikat Mulai Uji Coba Layanan 5G – Sebagai salah satu kiblat teknologi dunia, Amerika Serikat memang tak pernah lelah menghadirkan inovasi-inovasi baru di dunia teknologi. Di saat negara lain, termasuk Indonesia, belum bisa menghadirkan teknologi 4G LTE secara merata, negara adidaya tersebut malah membuat satu langkah lebih maju. Ya, Amerika Serikat sudah memulai uji coba teknologi jaringan data 5G.

amerika-serikat-mulai-uji-coba-layanan-5g

Adalah operator telekomunikasi besar Amerika, Verizon, yang mulai menguji coba standar generasi kelima teknologi seluler 5G. Menurut rencana, pada tahun 2016 mendatang Verizon akan mulai mencoba penggunaan layanan 5G untuk beberapa area di Amerika Serikat. Indonesia sendiri saat ini masih memulai generasi keempat teknologi seluler, atau lazim disebut 4G.

Setelah menguji coba layanan 5G pada tahun 2016, selanjutnya Verizon akan mulai mengkomersilkan layanan 5G secara umum pada tahun 2017.

Chief Information anda Technology Architect Verizon, Roger Gurnani mengatakan bahwa rencana komersialisasi layanan 5G akan mulai diterapkan setelah uji coba pada tahun 2016.

“Kami akan memulai uji coba layanan 5G pada tahun depan. Selanjutnya untuk masalah penggunaan secara umum kemungkinan besar pada tahun 2017,” ujar Gurnani seperti dilansir oleh Phone Arena pada Rabu (9/9)  yang lalu.

Teknologi 5G sendiri memiliki Throughout atau kecepatan akses hingga 50 kali lipat dari teknologi 4G LTE. Secara tersurat, Verizon mengklaim bahwa teknologi 5G akan dapat digunakan untuk mengunduh film yang panjang atau utuh hanya dalam beberapa detik saja.

Hingga menjelang akhir 2015 ini, Verizon mencatat bahwa sekitar 87 persen trafik data berjalan di atas jaringan 4G LTE. Pengguna jaringan 4G LTE sendiri hingga kini sudah mencapai 98 persen di semua negara di dunia.

“5G tidak lagi akan menjadi mimpi masa depan. Kami telah merasakan urgensi teknologi tersebut untuk segera diimplementasikan dalam eksosistem komunikasi saat ini. Kami akan mendorongnya dengan berkolaborasi bersama berbagai pihak yang berkepentingan,” lanjut Gurnani.

Selain Verizon, kabarnya layanan 5G sebentar lagi juga akan diuji coba di Korea Selatan. Korsel menargetkan standar telekomunikasi generasi kelima tersebut akan diuji coba pada tahun 2018, lalu akan dikomersilkan pada tahun 2020. Baca juga Samsung Pamerkan Tablet Misterius di IFA 2015 dan Google Hapus Fitur Autoplay pada Browser Chrome.

Top