Ribuan Situs WordPress Positif Terjangkit Malware

Ribuan Situs WordPress Terjangkit Malware – Pada era teknologi yang makin berkembang pesat saat ini memang tak sepenuhnya aman dari berbagai ancaman untuk para penggunanya. Baru-baru ini perusahaan keamanan cyber bernama Sucuri telah menemukan adanya celah keamanan yang berupa malware dengan nama Visitor Tracker. Program jahat tersebut ditemukan pada berbagai situs berbasis WordPress yang dapat membajak seluruh data komputer pengguna dan dapat menggandakan diri melalui situs WordPress lainnya. Penyebaran program jahat tersebut pun menggunakan perantara situs yang dikunjungi oleh penggguna, di mana nantinya akan masuk dalam komputer pengguna.

Ribuan Situs WordPress Positif Terjangkit Malware

Dilaporkan bahwa penyebaran malware tersebut sudah terjadi sejak lebih dari dua pekan yang lalu. Namun belakangan ini diketahui bahwa jumlah situs yang diserang semakin banyak, terutama situs WordPress.

Seperti dilaporkan oleh Ars Technica, Senin (21/9/2015) menyatakan bahwa jumlah situs yang terkena serangan tersebut awal mulanya dari sekitar 1.000 situs per hari, kemudian tertambah menjadi hampir 6.000 situs perhari.

Informasinya, situs yang telah disisipi oleh program jahat tersebut akan menggiring pengunjungnya menuju server hosting yang berisi kode berbahaya. Di mana kode berbahaya dari server tersebut nantinya akan mencoba sejumlah serangan dengan cara berbeda sesuai dengan sistem operasi yang digunakan oleh komputer pengguna.

“Jika Anda memikirkan hal ini, penjahat cyber itu berniat menggunakan situs yang sudah dibajak sebagai cara untuk menembus endpoint sebanyak mungkin. Situs web merupakan cara paling mudah untuk mencapainya,” ujar Daniel Cid selaku Chief Technology Officer (CTO) Sucuri.

Sampai pekan lalu, Sucuri melaporkan bahwa ribuan situs telah terinfeksi malware tersebut dan dari fakta yang ada 95 persen situs tersebut berbasis WordPress. Sucuri pun belum mengetahui bagaimana cara serangan program jahat tersebut yang dapat menyebar dari situs satu ke situs lainnya.

Namun menurut dugaan Sucuri, program jahat tersebut menyebar melalui kelemahan dalam plugin WordPress. Selain menyerang situs, program jahat tersebut diketahui juga berhasil menjebol celah keamanan perusahaan Coverity dengan mekanisme redirect.

Meski begitu dengan maraknya serangan program jahat tersebut pengakses internet tidak perlu khawatir sebab Google telah merilis daftar hitam yang berisi sekitar 17 persen dari total situs yang telah terinfeksi. Apabila situs yang masuk dalam daftar hitam tersebut dikunjungi oleh pengakses maka Google akan memberikan peringatan sebelum masuk ke sana. Sehingga resiko serangan kepada komputer pengguna dapat diminimalisir. Baca juga 39 Aplikasi iOS di Apple App Store Terjangkit Malware dan Apple Menang Lawan Samsung Terkait Paten Fitur AutoCorrect dan Lock Screen.

Top