Qualcomm Hadirkan Chipset Mid-range Snapdragon 617 dan 430

Qualcomm Perkenalkan Chipset Terbaru untuk Kelas Menengah – Raja chipset dunia, Qualcomm, baru saja mengumumkan produk barunya berupa chipset kelas mid-range atau menengah Snapdragon 617 dan juga Snapdragon 430. Hal ini sedikit mengejutkan karena publik lebih sibuk membicarakan chip kelas high-end yang kabarnya juga akan segera dirilis oleh Qualcomm, yaitu Snapdragon 820.

qualcomm-perkenalkan-chipset-terbaru-untuk-kelas-menengah

Dua unit chip smartphone Snapdragon 617 dan Snapdragon 430 diklaim sebagai chipset kelas menengah, namun memiliki teknologi level high-end. Qualcomm meyakini bahwa seri Snapdragon 617 dan 430 siap untuk disematkan pada smartphone berteknologi masa depan.

Qualcomm Snapdragon 617 dan 430 diletakkan pada seri-6 dan seri-4. Kedua chipset ini menawarkan banyak hal yang dapat membuat para desainer smartphone lebih memilih chipset tersebut ketimbang kompetitor Qualcomm seperti MediaTek.

Kelebihan pertama yang dimiliki oleh Snapdragon 430 adalah adanya fitur CPU Octa-core Cortex-S53 1.2 GHz yang didukung oleh GPU Andreno 505. Selain itu, Snapdragon 430 juga dibekali dengan fitur Dual Image Signal Processors. Chipset ini juga mendukung penggunaan kamera hingga resolusi 21 MP. Teknologi ini memang cukup mengesankan untuk chipset kelas menengah. Tak hanya itu saja, Snapdragon 430 juga telah dilengkapi dengan fitur QuickCharge 3.0 terbaru dari Qualcomm yang memungkinkan baterai terisi hingga 80 persen dalam waktu 30 menit pengisian. Sebagai pelengkap, Snapdragon 430 juga dibekali dengan teknologi X6 LTE yang dapat memberikan speed downlink hingga 150 Mbps.

Sementara itu, Snapdragon 617 akan mengusung prosesor Octa-core Cortex-A53 1.5 GHz. Chipset ini didukung oleh teknologi X8 LTE yang memiliki downlink speed lebih teinggi, yaitu 300 Mbps. Qualcomm Snapdragon 617 juga mendukung kamera hingga 21 MP serta dilengkapi dengan fitur QuickCharge 3.0. Snapdragon 617 akan menjadi lawan sengit bagi chipset baru MediaTek di kelas masing-masing.

Kedua chipset terbaru besutan Qualcomm ini akan tersedia pada awal tahun 2016 mendatang. Namun Snapdragon 617 akan muncul terlebih dahulu pada awal tahun, sedangkan Snapdragon 430 akan menyusul pada awal kuartal dua tahun 2016.

Selama ini, Qualcomm memang dikenal sebagai peracik chipset ulung. Banyak produknya yang digunakan pada gadget-gadget yang laris di pasaran. Dengan hadirnya dua chipset terbaru dari Qualcomm ini, dipastikan persaingan di pasar smartphone dunia akan semakin ramai. Baca juga Qualcomm : Snapdragon 810 Tidak Cepat Panas dan NextBit Robin Smartphone Android yang Tak Bisa Kehabisan Ruang Simpan.

Top