Qlue:Jakarta Smart City, Aplikasi Solusi Permasalahan di Jakarta

Qlue:Jakarta Smart City, Aplikasi Solusi Permasalahan di Jakarta – Mungkin banyak yang belum tahu, jika saat ini Pemerintah Provinsi Jakarta telah bekerja sama dengan pengembang aplikasi bernama Qlue lewat Qlue:Jakarta Smart City. Program yang dibangun antara Pemprov Jakarta dengan Qlue ini bukanlah program biasa. Dengan Qlue:Jakarta Smart City diharapkan mampu menjadi wadah laporan dari berbagai elemen masyarakat di Jakarta terkait dengan permasalahan di ibukota.

Jakarta Smart City Solusi Permasalahan Ibukota

Berbagai permasalahan yang bisa diadukan antara lain, permasalahan rambu lalu lintas, kerusakan jalan, kerusakan gorong-gorong, masalah sanitasi, dan lain sebagainya. Dengan adanya program Qlue:Jakarta Smart City kini warga Jakarta tidak perlu lagi untuk melakukan diskusi terkait permasalahan ibukota ke instansi-instansi. Atau harus melakukan demonstrasi, unjuk rasa, dan sebagainya. Dengan adanya Qlue:Jakarta Smart City kini menyampaikan keluhan, pendapat, atau aduan warga yang menyangkut permasalahan di Jakarta menjadi lebih mudah.

Masyarakat hanya perlu mendownload aplikasi Qlue:Jakarta Smart City, setelah mendownload aplikasi tersebut via smartphone, masyarakat dapat menggunakan Qlue:Jakarta Smart City untuk menyampaikan pendapat, aduan, dan lain-lain dengan mudah dan cepat. Setelah mengunggah file berupa teks atau foto mengenai berbagai macam permasalahan yang dijumpai, misalnya tumpukan sampah, jalan berlubang dan sanitasi buruk dan lain-lain, maka laporan ini akan langsung masuk dalam situs smartcity.jakarta.go.id. Kemudian laporan  tersebut diproses kepada petugas harian atau kesatuan kerja perangkat daerah yang berada di daerah sekitar lokasi yang dilaporkan. Diharapkan dengan masyarakat menggunakan aplikasi Qlue:Jakarta Smart City akan dapat mempermudah kinerja perangkat daerah dalam menganalisis permasalahan di daerah-daerah di Jakarta.

Bahkan dengan aplikasi Qlue:Jakarta Smart City, masyarakat bisa melihat CCTV Jakarta. Dengan CCTV ini masyarakat bisa melihat Jakarta dengan lebih dekat dan kompleks. Bisa memantau lalu lintas atau jalur-jalur yang padat, selain sebagai wadah untuk berdiskusi mengenai permasalahan-permasalahan di Jakarta.

Dengan Qlue:Jakarta Smart City diharapkan masyarakan akan lebih aktif lagi dalam mewujudkan ibukota Jakarta menjadi  smart. Pemprov DKI Jakarta juga berharap dengan adanya aplikasi ini, akan membangun hubungan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan masyarakat terutama untuk mewujudkan Jakarta sesuai dengan yang diinginkan oleh masyarakat  di Jakarta. Baca juga Pengguna Pinterest Tembus Angka 100 Juta User dan Mblo Chat Aplikasi Chatting Tanpa Ribet untuk yang Jomblo.

Top