Popularitas Kamera Mirrorless Terus Menanjak, Kamera DSLR Makin Lesu

Penjualan Kamera Mirrorless Tinggalan Kamera DSLR – Di era yang serba modern saat ini nampaknya membuat masyarakat dunia lebih memilih perangkat yang berteknologi canggih untuk berbagai keperluan. Salah satunya untuk mengabadikan moment baik itu gambar (foto) atau video, beberapa tahun yang lalu kamera DSLR memang sangat diminati oleh sebagian besar warga dunia. Namun kedatangan kamera digital baru yang memiliki teknologi canggih, yakni kamera Mirrorless ternyata perlahan menggusur kedigdayaan kamera DLSR. Bahkan pada periode tahun 2015 ini, penjualan kamera Mirrorless yang terus menaik mulai meninggalkan penjualan kamera DSLR yang mulai terpuruk.

Popularitas Kamera Mirrorless Terus Menanjak, Kamera DSLR Makin Lesu

Seperti laporan yang dilansir oleh lembaga riset, NPD Group dalam setahun terakhir ini pangsa pasar kamera DLRS memang terus tergerus oleh produk-produk kamera Mirrorless. Bahkan dari data yang ada pangsa pasar kamera Mirrorless terus meningkat hingga 16,5 persen, sementara itu penjualan kamera DSLR malah terus menurun 15 persen.

“Pertumbuhan kamera Mirrorless lebih cepat, karena teknologinya lebih canggih. Ke depannya, Mirrorless benar-benar akan memimpin pasar dunia untuk kamera digital,” ungkap Ben Arnold, selaku Direktur Eksekutif The NPD Group.

Menurut data yang ada, konsumsi terbesar kamera Mirrorless terbesar di dunia terdapat di wilayah Asia yang mencapai 40,79 persen.

Ternyata laporan oleh NPD Group tersebut berbanding lurus dengan riset yang dikumpulkan oleh Camera & Imaging Produk Association (CIPA). Begitupun dengan hasil riset lembaga lainnya yang ada di Jepang, JFK. Di mana JFK melaporkan bahwa setiap tahunnya pasar kamera DSRL terus terjun bebas, misalnya dari tahun 2013 penjualan mencatatkan sebanyak 1.010.000 unit kamera DSLR terjual. Namun pada tahun selanjutnya 2014, hanya mampu terjual 720 ribu unit saja. Kondisi tersebut pun berbanding terbalik dengan penjualn kamera Mirrorless yang terus meningkat, misalnya dari tahun 2013 tercatat 230 unit terjual dan tahun selanjutnya meningkat menjadi 270.000 unit terjual.

Mulai berpindahnya pengguna kamera DSLR ke kamera Mirrorless memang dikarenakan daya tarik kamera Mirrorless yang lebih simpel, lebih canggih dan lebih praktis. Beberapa kamera Mirrorless pun memiliki kemampuan yang tidak kalah baik dengan kamera DSLR. Meskipun begitu dilain sisi harga kamera Mirrorles yang memiliki kemampuan sebaik kamera DSLR memiliki banderol harga yang sangat tinggi, sehingga hanya orang berduit saja yang dapat merasakan keunggulan kamera Mirrorless. Dengan hal tersebut, nampaknya beberapa pengguna tetap memilih kamera DSLR untuk kebutuhan fotografi yang ada. Baca juga Onrust Pinhole Camera, Kamera Unik Buatan Anak Bangsa dan Canon Kuasai Pasar Kamera DSLR Selama 12 Tahun Terakhir.

Top