Pixel C, Tablet Android Baru Google

Google Umumkan Tablet Andoid Baru, Pixel C – Selain mengumumkan kehadiran dua smartphone Android terbarunya yakni Nexus 5X dan Nexus 6P yang membawa sistem operasi Android terbaru yakni v.6.0 Marshmallow, ternyata Google juga memperkenalkan kehadiran tablet baru mereka yang juga menggunakan sistem operasi Android terbaru. Tablet komputer tersebut memiliki ukuran 10,2 inci yang dinamai Pixel C.

Pixel C, Tablet Android Baru Google

Pengumuman kehadiran tablet Android baru besutan Google tersebut memang dilakukan bersamaan saat perilisan dua smartphone Nexus terbaru di San Francisco, California, AS, Selasa (29/9/2015).

Meskipun desain dari tablet Android ini mirip dengan komputer jinjing Chromecast yang diperkenalkan apda tahu 2013 lalu, namun tablet ini tidak akan mengandalkan sistem operasi Chrome OS. Melainkan akan menggunakan sistem operasi Android terbaru yakni Android versi 6.0 yang memiliki kode Marshmallow.

Tujuan dari Google sendiri yang menciptakan tablet ini cukup jelas yakni dapat bersaing dengan komputer tablet besutan Apple dan Microsoft yakni Apple iPad Pro serta Microsoft Surface.

Berbeda dengan spesifikasi dua smartphone Nexus terbarunya, Google lebih memilih otak komputer tablet produksi Nvidia yakni Nvidia Tegra X1 yang memiliki empat inti pemrosesan (quad core). Dengan dipadukan RAM sebesar 3 GB maka diklaim tablet Google ini akan dapat menjalankan berbagai aktivitas berat yang berhubungan dengan pekerjaan atau hiburan sekalipun.

Untuk spesifikasi layarnya dikabarkan memiliki resolusi 2.560 x 1.800 piksel dengan kerapaatan 308 ppi. Dengan spesifikasi layar tersebut maka Pixel C ini mampu menghasilkan interface yang sangat tajam dan jernih. Hal tersebut pun sesuai dengan namanya “Pixel”.

Demi mendukung konektivitas kabel masa kini, Google pun menyematkan port USB type C. Nantinya tablet ini juga memiliki dukungan aksesoris papan ketik fisik atau keyboard yang dapat menunjang produktivitas pengguna, yang mana keyboard dapat dihubungkan melalui konektivitas nirkabel, Bluetooth.

Dari informasi yang ada Pixel C akan tersedia dalam dua pilihan berbeda yakni memori internal 32 GB dan 64 GB. Apabila tablet ini telah resmi dipasarkan maka memiliki banderol harga mulai dari US$ 499 hinga US$ 599. Sementara untuk aksesoris keyboard eksternalnya dihargai dengan banderol US$ 149. Rencananya tablet ini akan dijual secara resmi di Amerika Serikat mulai akhir 2015 mendatang. Untuk wilayah lainnya belum diketahui apakah akan tersedia di negara lain atau tidak. Baca juga Chuwi Hi10 Hadir dengan Sistem Operasi Ganda Windows 10 dan Android dan Samsung Pamerkan Tablet Misterius di IFA 2015.

Top