NeoKylin, Sistem Operasi Komputer dari Tiongkok yang Mirip dengan Windows XP

Sistem Operasi NeoKyln Serupa dengan Windows XP – Demi mengurangi ketergantungan para penduduknya yang menggunakan sistem operasi Windows dalam penggunaan perangkat komputer setiap saat, Pemerintah Tiongkok ternyata memiliki cara unik. Di mana diketahui bahwa pemerintahan negeri Tirai Bambu tersebut menciptakan sistem operasi baru yang memiliki basis pengembangan dari OS Linux dari distro Ubuntu bernama NeoKylin.

NeoKylin, Sistem Operasi Komputer dari Tiongkok yang Mirip dengan Windows XP

Menariknya sistem operasi yang bernama NeoKylin tersebut memiliki tampilan yang sangat serupa dengan sistem operasi Windows yang populer di jamannya yakni Windows XP. Diketahui bahwa pembuatan sistem operasi komputer tersebut dilakukan bersamaan dengan perusahaan Canonical. Sistem operasi yang memiliki tampilan sangat mirip dengan Windows XP ini, diklaim jauh lebih bersahabat dibandingkan dengan NeoKylin versi pertama.

Dilansir dari laman The Verge, sistem operasi yang dibuat oleh China Standar Software ini memiliki menu Start yang memang sangat mirip dengan apa yang dimiliki oleh Windows XP.

Tidak hanya sekedar tampilannya saja yang sangat mirip dengan Windows XP. Ternyata NeoKylin juga memiliki aplikasi terintergrasi yang sangat mirip dengan sistem operasi Windows yang telah dihentikan dukungannya tersebut. Aplikasi tersebut meruapakan aplikasi pengolah dokumen, yakni semacan Word, Excel dan PowerPoint. Namun diketahui bahwa aplikasi tersebut merupakan modifikasi dari aplikasi pengolah dokumen yang sering ditemukan pada sistem operasi Linux, OpenOffice.

Ternyata sistem operasi tersebut dijual sepaket dengan komputer desktop besutan Dell. Menariknya juga sistem operasi tersebut mulai populer di Tiongkok, yang mana saat ini lebih dari 40 persen PC Dell terjual sepaket dengan OS NeoKylin.

“OS NeoKylin ini tersedia di laptop Dell Latitude, desktop Dell OptiPlex dan DellPrecision workstation,” ungkap juru bicara Dell.

Meskipun begitu belum diketahui secara pasti apakah beberapa perangkat komputer besutan Dell yang dijual sepaket dengan sistem operasi NeoKylin tersebut memiliki tampilan yang serupa dengan Windows XP.

Seperti diketahui Pemerintah Tiongkok memang secara tegas ingin mengurangi ketergantungan dari sistem operasi besutan Windows saat Microsoft menyatakan penghentian dukungan pada Windows XP. Saat itu, Pemerintah Tiongkok pun memblokir Windows 8 yang mana saat itu merupakan awal-awal peluncuran. Maka tak aneh, apabila mereka memilih untuk membuat OS alternatif yang mirip dengan Windows XP. Baca juga Lenovo Rilis Laptop Berkekuatan Kamera 3 Dimensi dan Dikembangkan Komputer Pendeteksi Kematian.

Top