Microsoft dan Linux Akhirnya Saling Berjabat Tangan

Microsoft Akhirnya Turut Serta Bangun Distro Linux – Microsoft dan Linux, kedua software ini telah dikenal sejak dulu sebagai rival. Keduanya kerap dibanding-bandingkan oleh penggunanya. Tak jarang juga mereka digunakan oleh satu user yang menggunakan dual sistem operasi pada perangkat PC nya. Tetapi siapa yang menyangka bahwa setelah bertahun-tahun bersaing, akhirnya mereka saling  berjabat tangan dan menjalin kerja sama.

microsoft-akhirnya-turut-serta-bangun-distro-linux

Microsoft dikabarkan juga telah turut serta membuat sistem operasi open source distro Linux. Namun, memang tidak seperti distro Linux pada umumnya. Microsoft membuatnya dengan teknologi sesuai dengan ciri khas dan ide dari Microsoft yang sedikit berbeda. Software tersebut diberi nama Azure Cloud Switch (ACS) yang menerapkan basis pengembangan dari Linux.

Azure Cloud Switch ini merupakan sebuah sistem operasi  modular lintas platform sebagai jaringan data center. Microsoft membangun software ini untuk menjadikan solusi bagi para IT agar dapat menjalankan infrastruktur  jaringan dengan sangat mudah seperti menekan saklar saja.

Namun, seperti yang telah dirangkum oleh detikINET dari halaman The Register, Jumat (18/09/2015), Microsoft enggan memberikan tanggapan dari pertanyaan seputar dirinya yang akhirnya memutuskan menggunakan Linux. Jawaban dari Kamala Subramanian selaku principal Architect Azure Networking dinilai memberikan jawaban mengada ada yaitu menjadi salah satu cara Microsoft untuk berkompetisi secara sehat demi mendorong inovasi.

Seperti keterangan yang dari Subramanian yang dikutip dari detikINET, Sabtu (19/09/2015), “Kami percaya banyak tersedia platform perangkat keras yang bagus di pasar, dengan kompetisi yang sehat diantara banyak vendor untuk mendorong inovasi, meningkatkan kecepatan, dan pengurangan biaya, “ujarnya.

Menurut informasi, keputusan Microsoft dengan mengembangkan distro Linux sendiri tersebut juga dikabarkan oleh CEO Microsoft Satya Nadella. Pria berdarah India ini menyatakan tak merasa gengsi dengan mengandalkan teknologi pesaing demi mengejar visi misi dan menuntaskan segala project yang ada.

Dengan adanya berita ini, memang sedikit banyak mengundang pro kontra dari masing-masing pengguna sistem operasi tersebut. Namun, apabila memang dengan adanya kerjasama tersebut akan menghasilkan teknologi yang luar biasa, kenapa tidak? Toh hasilnya juga akan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat umum.  Baca juga Apple Suguhkan Aplikasi Migrasi Android ke iOS dan Teknologi 5G Bakal Sambangi Indonesia di Tahun 2020

Top