Menkominfo akan Lindungi Data Pribadi Para Pengguna Internet di Indonesia

Menkominfo Siap Terapkan Aturan Hukum Tentang Data Pribadi – Di era teknologi informasi yang kian berkembang pesat saat ini, internet merupakan salah satu sarana prasarana membangun masyarakat yang modern. Di Indonesia sendiri saat ini perkembangan sarana prasarana internet yang ada pun cukup baik dan terus meningkat dari waktu ke waktu. Dengan terjadinya petumbuhan jumlah penduduk dari waktu ke waktu, tentu saja akan sangat menggiurkan bagi berbagai perusahaan yang terlibat dalam bidang teknologi. Meskipun begitu dengan berbagai keuntungan yang ada dengan perkembangan teknologi maupun internet tersebut, tak bisa dipungkiri masih banyak informasi pribadi yang belum terlindungi secara hukum.

Menkominfo Siap Terapkan Aturan Hukum Tentang Data Pribadi

Hal tersebut pun diakui oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Rudiantara. Ia menyatakan bahwa di era keterbukaan saat ini pihaknya sulit untuk mencegah perusahaan asing masuk ke Indonesia yang begitu bebasnya. Di mana hal tersebut tentu saja dapat menimbulkan resiko yang merugikan bagi para penggunanya, salah satunya mengenai data pribadi (privacy data).

“Mereka selalu bilang hanya menawarkan platform saat ke Indonesia, namun servernya di luar, itu data nasabah bisa di luar semua,” ucap Rudiantara seperti dilansir CNN Indonesia, Jumat (25/9/2015).

Dengan hal tersebut menurut Chief Rudiantara, apabila sistem memiliki struktur yang baik maka pihaknya pun dapat memberikan perlindungan data yang lebih baik.

Ia pun menambahkan bahwa melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika seharusnya memberikan perlindungan informasi data pribadi yang lebih baik dengan adanya aturan hukum yang tegas.

“Sebelumnya tidak ada payung hukumnya. Kita ingin undang-undang khusus ini bisa dimasukkan ke dalam Prolegnas 2016, kita usahakan. Karena memang masih butuh persetujuan dari DPR juga,” imbuhnya.

Meskipun saat ini pihaknya sedang menunggu mengenai undang-undang perlindungan informasi data pribadi yang masih digodok. Namun diketahui bahwa Menkominfo telah menyiapkan peraturan setingkat menteri atau Permen mengenai aturan tersebut. Tujuan dari Permen tersebut pun jelas yakni agar informasi pengguna yang disimpan oleh perusahaan teknologi tidak disalah gunakan oleh mereka. Baca juga Soal Startup, Menkominfo Ingin Ikuti Jejak Brunei dan Singapura dan Belgia Ancam akan Menuntut Facebook Rp4 Miliar per Hari.

Top