Masih Hangat, Kelemahan Android Lollipop Mulai Terlihat

Android Lollipop Alami Kerentanan Terhadap Lockscreen – Hampir pada setiap ponsel pasti memiliki sistem keamanan lockscreen. Sistem ini diterapkan pastinya bukan tanpa tujuan dari sang peracik gadget tersebut. Umumnya, lockscreen berguna untuk mencegah adanya pengoperasian ponsel secara tidak sengaja seperti melakukan panggilan telepon pada saat berada di dalam saku. Selain itu juga berguna untuk melindungi ponsel dari tangan-tangan jahil orang lain.

android-lollipop-alami-kerentanan-terhadap-lockscreen

Namun sayangnya, sistem yang sama diterapkan pada Android versi terbaru Lollipop mengalami kerentanan. Celah ini ditemukan oleh kantor keamanan informasi University of Texas. Celah tersebut akan tetap ada meskipun pengguna telah menggunakan kode atau PIN sekalipun. John Gordon, adalah seseorang yang pertama kali menemukan kelemahan pada Android versi terbaru ini. Menurutnya, hal tersebut akan memudahkan bagi hacker untuk memperoleh akses penuh pada smartphone pengguna karena dapat melewati seluruh password dari lockscreen.

Sesuai kutipan dari halaman gizmo.id, Jumat (18/09/2015) Gordon menuliskan, “Dengan memanipulasi string yang cukup besar dibagian password ketika aplikasi kamera aktif maka penyerang akan mampu mengacaukan lockscreen, dan menyebabkan ia mengalami crash ke layar awal.”

Pada sistem lockscreen yang terdapat pada Android Lollipop ini akan terlihat hanya dengan memasukkan string yang cukup panjang dengan memasukkan karakter yang random maka ponsel akan mengalami crash serta menyebabkan lockscreen tersebut mudah terbuka.

Namun, kabar baik cukup membuat pengguna Android Lollipop menjadi sedikit lega karena celah kerentanan tersebut hanya dapat dibobol apabila pengguna hanya menggunakan salah satu saja dari perlindungan yang ada misalnya hanya menggunakan password saja atau PIN saja. Sementara apabila pengguna menggunakan keduanya sekaligus password dan PIN maka hal-hal yang tidak diinginkan akan dapat dihindari.

Pihak Google Inc. telah mengetahui berita tentang celah yang dimiliki oleh Android Lollipop tersebut dan kabarnya mereka telah mulai melakukan proses penambalan terhadap kelemahan yang ada. Namun, hingga saat ini memang belum diketahui berapa lama waktu yang dibutuhkan Google untuk menggarap penambalan tersebut agar pengguna pun menjadi lebih nyaman dalam menggunakan sistem operasi terbaru ini. Baca juga Apple Suguhkan Aplikasi Migrasi Android ke iOS dan Keunggulan iOS 9 yang Perlu Diketahui

 

Top