Lahirkan Priv, BlackBerry Optimis Kembalikan Kejayaan

BlackBerry Resmi Perkenalkan Ponsel Berbasis Android Pertama – BlackBerry akhirnya memperkenalkan ponsel barunya yang mengusung platform Android. Smartphone bernama BlackBerry Priv itu secara resmi diperkenalkan oleh CEO BlackBerry John Chen, kepada publik pada pekan ini.

blackberry-resmi-perkenalkan-ponsel-berbasis-android-pertama

Seperti dikutip dari Digital Spy, nama ‘Priv’ pada BlackBerry Priv sendiri diambil darai kata ‘privacy’. Hal ini memang disesuaikan dengan konsep BlackBerry Priv yang menggabungkan sistem operasi Android dengan sentuhan sistem ‘privasi’ BlackBerry sendiri.

Dalam keterangan persnya, John Chen menyatakan bahwa BlackBerry Priv akan tetap mempertahankan ciri khas yang selama ini dimiliki oleh BlackBerry, selain tentunya memberikan privasi kepada penggunanya.

“Privasi adalah yang Anda dapatkan, keamanan adalah yang kami berikan, memilikinya adalah sebuah hak istimewa untuk Anda.” ujar Chen dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube.

Salah satu ciri khas yang dipertahankan adalah penggunaan keyboard QWERTY yang digabungkan dengan bodi berkonsep slider phone. Selain itu, BlackBerry Priv juga mengadopsi teknologi Curved Edge Screen atau layar melengkung di bagian sisinya, mirip seperti layar Samsung Galaxy S6 Edge. Ponsel yang memiliki nama kode Venice ini juga dibekali dengan layar yang cukup besar, yaitu 5,4 inci QHD. Kemudian menggunakan dapur pacu prosesor Snapdragon 1,8 GHz, RAM 3 GB, serta kamera beresolusi 18 MP.

Chen pun juga sempat mendemonstrasikan penggunaan BlackBerry Priv dengan menunjukkan model ponsel barunya itu yang berwarna hitam.

“Keyboard ini bisa menjadi mouse Anda, ia punya kemampuan sentuh yang kapasitif. Anda bisa mengoperasikannya saat sedang berselancar di browser atau membaca pesan e-mail,” ujar Chen.

Kehadiran BlackBerry Priv ini pastinya memberikan jawaban yang sangat jelas mengenai misteri smartphone Android dari BlackBerry. Desas-desus mengenai ponsel baru BlackBerry dengan platform Android memang sudah berhembus lama. Kegagalan BlackBerry dalam pemasaran ponsel ber-OS BlackBerry 10 disinyalir menjadi alasan kuat mengapa perusahaan asal Kanada itu akhirnya ‘berpaling’ ke platform Android.

Dengan meluncurnya BlackBerry Priv, BlackBerry memang sedang dalam upaya mengembalikan kejayaannya di jagad ponsel pintar dunia. Meski gagal total dengan OS BlackBerry 10, namun sebenarnya secara finansial BlackBerry jutsru cukup ‘makmur’. Sejak tahun 2013 yang lalu, BlackBerry berhasil mencatatkan saldo kas tertinggi, yakni USD3,3 miliar atau Rp 46,2 triliun.

Sejak John Chen memegang tampuk teringgi di BlackBerry, perusahaan memang lebih berfokus pada pengembangan software daripada memproduksi hardware. Dan hasilnya bisa kita lihat pada BlackBerry Priv yang menurut rencana akan mulai dipasarkan pada bulan November mendatang. Baca juga BlackBerry Kenalkan Smartphone Android Ciptaannya dan Smartphone Meizu Bakal Tersedia di Toko Offline.

Top