Isi Ulang Baterai Semakin Cepat dengan Qualcomm Quick Charge 3.0

Qualcomm Hadirkan Fitur Quick Charge 3.0 untuk Pengisian Baterai Lebih Cepat – Selain merilis prosesor terbaru Snapdragon 430 dan Snapdragon 617, Qualcomm pun juga memperkenalkan teknologi terbaru yang berguna untuk mempercepat pengisian ulang baterai. Teknologi terbaru dari perusahaan asal San Diego, California, AS, itu adalah Quick Charge 3.0.

qualcomm-hadirkan-fitur-quick-charge-3.0-untuk-pengisian-baterai-lebih-cepat

Rencananya, Quick Charge 3.0 akan ditanamkan pada prosesor generasi baru besutan Qualcomm. Seri smartphone dengan system on chip atau SoC Snapdragon 820, 620, 618, 617 serta 430 akan mendukung teknologi pengisian cepat tersebut.

Qualcomm sendiri mengklaim bahwa Quick Charge 3.0 dapat mengisi ulang baterai dua kali lebih cepat dari Quick Charge 1.0. Jika Quick Charge 1.0 bisa mengisi sekitar 40 persen daya dari pengisian secara konvensional, maka teknologi dalam Quick Charge 3.0 bisa mengisi daro 0-80 persen daya hanya dalam waktu sekitar 35 menit saja. Waktu pengisian lebih cepat itu dicapai dengan menggunakan algoritma cerdas dan rentang tegangan pengisian yang lebih luas.

Selain itu, Quick Charge 3.0 juga diklaim lebih efisien daripada Quick Charge 2.0. Teknologi Quick Charge 2.0 kini memang sudah lazim ditemukan di banyak smartphone Android. QuickCharge 3.0 akan kompatibel dengan semua jenis USB, termasuk USB ukuran standar, micro USB, USB baru Tipe-C, dan bahkan beberapa port pengisian khusus.

Namun, ada sedikit hal menarik di mana Quick Charge 3.0 ternyata tidak mendukung pengisian nirkabel cepat. Sebelumnya, fitur pengisian secara wireless sudah bisa ditemukan pada seri Samsung Galaxy S6 dan Samsung Galaxy S6 Edge serta Galaxy Note 5.

Qualcomm sendiri termasuk salah satu pionir dalam mengembangkan teknologi pengisian cepat atau quick charging. Selama ini Qualcomm memang dikenal sebagai peracik prosesor ulung. Produk-produk chipset buatan Qualcomm sering digunakan pada smartphone kelas atas karena memang memiliki perforam tangguh. Terakhir, Qualcomm baru saja memperkenalkan prosesor Snapdragon 617 dan Snapdragon 430 yang merupakan prosesor kelas menengah namun memiliki kualitas layaknya prosesor kelas atas.

Selain itu, dikabarkan bahwa Qualcomm juga sudah mulai merambah teknologi lain, yaitu drone. Beberapa bulan lalu, Qualcomm dikabarkan siap untuk menciptakan prosesor khusus untuk drone. Baca juga Qualcomm Perkenalkan Chipset Terbaru untuk Kelas Menengah dan Qualcomm Siap Ciptakan Prosesor Baru untuk Drone.

Top