Harga Lenovo Vibe P1m dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe P1m – Masih tentang Lenovo, selain Vibe S1 dan juga Vibe P1, Lenovo juga memperkenalkan seri Lenovo Vibe P1m sebagai pelengkap varian smartphone terbarunya. Sedikit berbeda dengan seri Vibe S1 dan juga Vibe P1, kali ini Lenovo menempatkan Vibe P1m di segmen smartphone kelas pemula. Kehadiran Lenovo Vibe P1m ini pun akan melengkapi porsi pasar yang dimiliki oleh Lenovo yang dikenal selalu concern untuk menghadirkan smartphone berkualitas, namun tetap memiliki harga bersahabat. Meski hanya ditempatkan di segmen menengah bawah atau pemul, namun tetap saja Lenovo Vibe P1m ini mempunyai kualitas yang tak bisa diremehkan. Secara spesifik, Lenovo seri Vibe P1m ini memang seperti versi downgrade dari kedua seri sebelumnya. Namun seperti yang Begawei sempat singggung tadi, meski hanya merupakan ponsel pintar kelas pemula ternyata smartphone ini memiliki beberapa sektor yang menjadi unggulan. So, Lenovo Vibe P1m ini memiliki bekal yang cukup untuk bersaing dengan produk-produk dari para kompetitor Lenovo.

lenovo vibe p1m

Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Lenovo Vibe p1m ini adalah layarnya yang berukuran 5 inci. Hal ini memang sangat menarik karena biasanya smartphone di kelas menengah bawah hanya dibekali dengan layar di bawah 5 inci. Dengan layar yang luas, pastinya Lenovo Vibe P1m akan memberikan tampilan visual yang sangat lega kepada penggunanya. Keunggulan lain dari smartphone ini juga terdapat ada lini konektivitasnya. Kali ini, Lenovo tetap mempertahankan teknologi yang sama dengan seri Vibe S1 dan juga Vibe P1, yaitu teknologi jaringan data 4G LTE. Kehadiran teknologi jaringan data 4G LTE pada Lenovo Vibe P1m ini pastinya akan memberikan pengalaman akses internet yang kencang dan stabil kepada penggunanya. Istimewanya lagi, kali ini Lenovo seperti menyadari kebutuhan pengguna gadget yang cenderung memilih gadget dengan daya baterai yang besar. Ya, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas sangat besar, yakni 4.000 mAh. Tak hanya itu saja, ponsel pintar ini masih memiliki segudang fitur canggih lainnya. Untuk lebih jelasnya, Begawei telah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Lenovo Vibe P1m yang menurut rencana akan segera dirilis pada awal September ini.

hp lenovo vibe p1m

Review Lenovo Vibe P1m

Desain Sederhana Namun Berkelas

Dari segi desain, spesifikasi Lenovo Vibe P1m ini memang masih mengadaptasi desain khas smartphone lansiran Lenovo lainnya. Ponsel yang satu ini mengandalkan desain yang sederhana dan agak mirip dengan desain Lenovo S580 lewat sudut yang agak membulat serta bodi yang tidak terlalu slim, namun tetap nyaman dioperasikan dalam genggaman. Karena memang desainnya yang sederhana, pilihan warna Lenovo Vibe P1m juga hanya meliputi warna netral, yaitu onyx black dan pearl white. Smartphone dengan bodi yang cukup proporsional ini memiliki dimensi 141 x 71.8 x 9.3 mm dengan bobot mencapai 148 gram. Ukuran fisik seperti ini membuat Lenovo Vibe P1m ini terlihat lebih besar jika dibandingkan dengan seri Lenovo Vibe S1. Kemudian untuk urusan visualisasi, layar jenis IPS Capacitive Touchscreen dengan ukuran mencapai 5 inci menjadi andalan Lenovo Vibe P1m ini. Layar tersebut memiliki resolusi standar 720 x 1280 pixels dengan tingkat kerapatan layar sebesar 294 ppi. Meskipun spesifikasi display ini masih standar, namun kualitas visualisasinya tetap tajam dan nyaman di mata. Sayangnya, spesifikasi Lenovo Vibe P1m ini belum dilengkapi dengan proteksi layar sehingga kawan Begawei harus memasang screen guard secara manual untuk memberikan perlindungan layar dari segala macam resiko goresan.

Dapur Pacu Kelas Pemula Andalkan CPU Quad-core 1.0 GHz

Untuk segmentasi smartphone kelas pemula, spesifikasi Lenovo Vibe P1m di ruang dapur pacu memang telah disesuaikan. Meski tak menggunakan komponen hardware mesin kelas premium, namun rangkaian komponen pada smartphone ini mampu untuk menghasilkan kinerja yang optimal. Kali ini, Lenovo Vibe P1m hadir dengan senjata utama chipset Mediatek MT6735P. Pada chipset tersebut tertanam CPU Quad-core yang memiliki kecepatan akses sebesar 1.0 GHz. Prosesor tersebut memang tergolong prosesor rendah, namun sudah bisa untuk menjalankan segala perintah multitasking secara lancar. Untuk mengimbangi kerja prosesornya, Lenovo Vibe P1m juga dibekali dengan RAM berkapasitas 2 GB. Sinergi antara prosesor dan juga RAM pada ponsel pintar ini akan meningkatkan kemampuan operasionalnya. Kemudian, semua perangkat keras yang ada pada spesifikasi Lenovo Vibe P1m tersebut akan berjalan pada sistem operasi OS Android Lollipop v5.1. Namun sayangnya, untuk GPU atau kartu pengolah grafis dari smartphone ini belum diungkapkan olah Lenovo.

spesifikasi lenovo vibe p1m

Memori Internal Berkapasitas 16 GB

Pada segmen ketiga ini, kita akan membahas spesifikasi Lenovo Vibe P1m di bagian ruang penyimpanan file atau storage. Meski hanya menempati ponsel pintar level menengah ke bawah, ternyata Lenovo membekali Lenovo Vibe P1m dengan kapasitas storage yang cukup luas. Tercatat, pabrikan asal Negeri Tirai Bambu tersebut menyematkan internal memory berkapasitas 16 GB. Kapasitas internal memory pada Lenovo Vibe P1m tersebut sudah cukup untuk mengakomodasi file sistem serta berbagai macam file hiburan yang kamu miliki. Namun, jika kawan Begawei masih belum puas dengan kapasitas memory internal tersebut, kamu bisa menambahkan kartu microSD untuk menambah kapasitasnya. Sayangnya, kawan Begawei harus mengorbankan slot SIM Card 2 sebagai tempat external memorynya. Kapasitas external memory pada spesifikasi Lenovo Vibe P1m ini bisa mencapai 32 GB.

Lini Fotografi Diperkuat Duet Kamera 8 MP dan 5 MP

Berikutnya, kita akan membahas spesifikasi Lenovo Vibe P1m pada lini fotografi. Layaknya ponsel pintar level pemula lainnya, smartphone buatan Lenovo ini hanya dibekali dengan lini fotografi standar, namun tetap bisa diandalakan untuk kebutuhan-kebutuhan fotografi. Sebagai senjata utama di sektor fotografi, Lenovo membekali Lenovo Vibe P1m dengan kamera belakang berukuran 8 MP yang mampu menghasilkan jepretan foto beresolusi 3264 x 2448 pixels. Selain itu, kamera utama Lenovo Vibe P1m tersebut juga sudah dilengkapi dengan fitur Autofocus dan LED Flash. Jadi, buat kawan Begawei yang hobi jepret-menjepret foto, tak perlu ragu lagi untuk membawa Lenovo Vibe P1m ini hunting foto di tempat minim cahaya karena bantuan kedua fitur canggih tersebut akan membuat jepretan fotomu tetap berkualitas baik. Sementara itu, sebagai pelengkap fungsi fotografi pada smartphone masa kini, spesifikasi Lenovo Vibe P1m pada lini fotografi juga dibekali dengan kamera sekunder 5 MP yang terletak di sisi depannya. Kamera depan itu bisa kawan Begawei gunakan untuk foto selfie ataupun melakuka panggilan video call.

spesifikasi hp lenovo vibe p1m

Konektivitas Internet Didukung Jaringan Data 4G LTE

Sekarang kita akan membahas spesifikasi Lenovo Vibe P1m di sektor yang menjadi andalannya, yaitu sektor konektivitas. Hadir sebagai smartphone kelas menengah ke bawah, namun siapa sangka Lenovo membekali produk terbarunya ini dengan teknologi konektivitas terbaik di kelasnya. Yup! Benar sekali! Lenovo Vibe P1m kali ini sudah mengusung teknologi jaringan data 4G LTE yang pastinya akan membuat kamu bisa menikmati koneksi internet super cepat. Berbekal jaringan 4 G pada Lenovo Vibe P1m ini, kamu bisa men-download file dengan kecepatan mencapai 150 Mbps. Sementara untuk keperluan download, ponsel pintar ini bisa dipacu dengan kecepatan maksimal mencapai 50 Mbps. Jaringan seluler lainnya pun juga dibawa oleh Lenovo Vibe P1m ini, mulai dari jaringan GSM hingga jaringan HSPA yang kecepatan akses datanya juga sangat cepat. Keunggulan lain yang ditawarkan oleh Lenovo pada produk barunya ini adalah dengan adanya dua slot SIM Card pada ponsel pintar ini. Jadi, kawan Begawei tak usah repot-repot lagi menenteng dua unit ponsel karena kamu sudah bisa mengaktifkan dua SIM Card sekaligus pada Lenovo Vibe P1m ini. Selain pilihan jaringan data seluler yang sangat lengkap, spesifikasi Lenovo Vibe P1m di sektor konektivitas juga dibekali dengan fitur-fitur canggih lainnya yang akan memudahkan penggunanya. Fitur-fitur canggih tersebut antara lain Bluetooth A2DP, TBC Radio, hingga teknologi navigasi A-GPS guna membantu keperluan navigasi penggunanya.

Baterai Super Berkapasitas 4.000 mAh

Terakhir, kita akan membahas spesifikasi Lenovo Vibe P1m di bagian ruang pemasok daya atau baterainya. Jika melihat spesifikasinya, sebenarnya ponsel ini membutuhkan pasokan daya yang tak terlalu besar. Hal ini karena Lenovo Vibe P1m memang hanya menggunakan komponen-komponen hardware kelas pemula. Namun, siapa sangka juga bahwa justru kali ini Lenovo malah membekali Lenovo Vibe P1m dengan baterai berkapasitas ekstra besar. Ya, Lenovo membekali smartphone barunya ini dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh. Baterai tersebut mampu menopang kebutuhan daya Lenovo Vibe P1m selama sekitar 566 jam saat stand-by di jaringan 3G. Sedangkan jika stand-by di jaringan 2G, maka smartphone ini bisa bertahan hingga mencapai 456 jam. Jadi, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk membawa ponsel ini beraktivitas ke luar rumah karena spesifikasi Lenovo Vibe P1m ini sudah dibekali dengan baterai berkapasitas besar.

Spesifikasi Lenovo Vibe P1m

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA / LTE
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA
4G bandsLTE
KecepatanHSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, September
StatusComing soon. Exp. release 2015, September
Bodi
Dimensi141 x 71.8 x 9.3 mm (5.55 x 2.83 x 0.37 in)
Berat148 g (5.22 oz)
SIMDual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
TipeIPS capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran5.0 inches (~68.1% screen-to-body ratio)
Resolusi720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.1 (Lollipop)
ChipsetMediatek MT6735P
CPUQuad-core 1.0 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB (uses SIM 2 slot)
Internal16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FiturYes
VideoYes
Kamera Depan5 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.1, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorYes
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML
Baterai
Non-removable Li-Po 4000 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Vibe P1m

Sebagai produk pelengkap seri Lenovo Vibe terbaru, Lenovo Vibe P1m bisa dikatakan sebagai seri yang paling rendah. Namun, smartphone ini memiliki keunggulan di sektor baterai yang berkapasitas 4.000 mAh serta didukung oleh teknologi jaringan data 4G LTE. Sedangkan untuk kelemahannya, smartphone ini masih mengandatkan prosesor Quad-core 1 GHz yang tak terlalu mumpuni. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini kami sajikan tabel kelebihan Lenovo Vibe P1m dan kekurangan Lenovo Vibe P1m:

Kelebihan Lenovo Vibe P1m
  • Jaringan 4G LTE
  • Dual SIM (optional)
  • Sistem Operasi Android Lollipop v5.1
  • Slor Memori eksternal 32 GB (optional)
  • Memori internal 16 GB
  • Kamera 8 MP dan 5 MP
  • Bluetooth v4.0 + A2DP
  • Kapasitas baterai besar (4000 mAh)
Kekurangan Lenovo Vibe P1m
  • Baterai non-removable
  • Navigasi masih menggunakan A-GPS
  • Belum ada proteksi layar

Harga Lenovo Vibe P1m

Akhirnya, kita sampai juga pada segmen yang pastinya sudah kamu tunggu-tunggu. Setelah kita membahas spesifikasinya secara lengkap, kini kita akan membahas kisaran harga Lenovo Vibe P1m ini. Meski di beberapa sektor mengecewakan, namun smartphone terbaru racikan Lenovo ini tetap memiliki sektor-sektor lain yang menjadi unggulan. Membawa layar beresolusi rendah, namun harga Lenovo Vibe P1m kali ini terkatrol oleh lini konektivitasnya yang sudah mengusung koneksi data 4G LTE. Selama ini, jarang sekali ada vendor yang menyematkan teknologi 4G pada produk kelas bawahnya. Jadi, Lenovo Vibe P1m sudah memiliki daya tarik tersendiri di sektor konektivitasnya. Berikutnya, kisaran harga Lenovo Vibe P1m juga tertolong oleh kapasitas baterai cukup besar yang dibawanya, yaitu 4.000 mAh. Selain itu, ponsel terbaru daru Lenovo ini memiliki layar yang sangat luas, mencapai 5 inci.

harga lenovo vibe p1m

harga lenovo vibe p1m terbaru

Seperti dilansri oleh GSM Arena, bahwa harga Lenovo Vibe P1m ini adalah sekitar 140 euro. Angka 140 euro tersebut jika dikonversikan ke mata uang rupiah akan setara dengan Rp 2,2 jutaan. Cukup murah, kan? Kisaran harga Lenovo Vibe P1m ini memang dipengaruhi oleh komponen-komponen serta fitur yang dibawanya. Meski memiliki nilai minus pada komponen dapur pacu dan juga fotografinya, namun Lenovo Vibe P1m tetap memiliki daya jual yang menarik pada pilihan konektivitas 4G yang diusungnya. Kisaran harga Lenovo Vibe P1m ini juga akan bersaing dengan produk-produk lain di segmen smartphone kelas menengah ke bawah. Namun, dengan bekal nama besar Lenovo, Begawei memprediksi bahwa smartphone yang satu ini bisa mengambil porsi pasar yang cukup besar.

Harga Lenovo Vibe P1m
Sekitar Rp 2.200.000,-

Lenovo memang dikenal memberikan porsi yang pas tiap kali melansir produk baru. Dengan harga Lenovo Vibe P1m yang cukup terjangkau ini, strategi Lenovo yang menempatkan seri Vibe P1m diantara seri Vibe P1 dan Vibe S1 memang sudah tepat. Dalam beberapa waktu terakhir, Lenovo juga memang jarang merilis ponsel pintar berharga di bawah Rp 3 jutaan. Namun dengan banderol harga Lenovo Vibe P1m yang sangat terjangkau tersebut, Lenovo memang seperti ingin melanjutkan eksistensinya di pangsa pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Kehadiran Lenovo Vibe P1m ini memang sangat cocok bagi mereka para pengguna pemula smartphone Android. Kisaran harga Lenovo Vibe P1m juga sangat pas bagi kawan Begawei yang sekedar ingin merasakan koneksi internet super cepat via jaringan 4G. Nah, bagaimana? Tertarik untuk menebus harga Lenovo Vibe P1m yang murah meriah ini? Baca juga ulasan Begawei mengenai Lenovo S580 dan Lenovo A2010.

  • Kalo dicompare sm asuz zenfone 2 laser bingung juga milih pemenangnya. Kalo seandainya asus juga 4000mAh pasti menang asus ya..

Top