Harga Lenovo Vibe P1 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Lenovo Vibe P1 – Lenovo meneruskan agresivitasnya di pasar gadget dunia. Selain Lenovo seri Vibe S1, perusahaan asal Tiongkok itu juga memperkenalkan seri Lenovo Vibe P1 yang sama-sama ditempatkan pada segmen smartphone kelas menengah atas. Meski menempati segmen yang sama, namun ternyata antara Vibe P1 dan juga Vibe S1 memiliki spesifikasi yang lumayan banyak perbedaan. Kali ini, Lenovo Vibe P1 hadir dengan ukuran layar yang lebih luas, mencapai 5.5 inci. Karena layarnya lebih luas, maka smartphone Lenove seri Vibe P1 ini pun akan menampilkan display visual yang lebih baik. Tampilan layar pada Lenovo Vibe P1 juga didukung oleh resolusi serta tingkat kerapatan layarnya yang sangat tinggi. Jadi, meski secara kategori antara Vibe P1 dan juga S1 ini diplot untuk menempati level yang sama, namun smartphone yang akan kita bahas ini memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan dengan seri Lenovo Vibe S1.

lenovo vibe p1

Selain pada layar, komponen lain yang membedakan Lenovo Vibe P1 dengan Vibe S1 adalah kapasitas RAM-nya. Jika layarnya memiliki ukuran lebih luas, maka kali ini kapasitas RAM pada Vibe P1 malah lebih kecil, hanya 2 GB saja. Meski kapasitas RAM tersebut lebih kecil dari RAM pada seri Vibe S1, namun hal itu tak akan mengurangi performa Lenovo Vibe P1 ini. Sementara itu untuk dapur pacunya, kali ini Lenovo menempatkan chipset Qualcomm Snapdragon 615 yang di dalamnya terdapat CPU Octa-core yang terdiri dari dua bagian. Sama seperti halnya seri Lenovo Vibe S1, smartphone terbaru ini juga mengandalkan kamera utama 13 MP sebagai perangkat di sektor fotografinya. Untuk kebutuhan suplai daya, Lenovo Vibe P1 ini memiliki baterai yang memiliki kapasitas sangat besar, mencapai 5.000 mAh. Jadi, antara Lenovo seri Vibe S1 dan juga Vibe P1 ini memang bagai pinang dibelah dua. Meski keduanya merupakan ‘saudara kandung’, namun dua smartphone tersebut dibekali dengan spesifikasi yang berbeda cukup drastis. Nah untuk mengetahui bagaimana kualitas sebenarnya dari smartphone ini, kami sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Lenovo Vibe P1 pada segmen-segmen di bawah ini.

hp lenovo vibe p1

Review Lenovo Vibe P1

Desain Khas Vibe Series dengan Layar 5,5 Inchi

Secara fisik, spesifikasi Lenovo Vibe P1 kali ini tetap mengusung konsep desain yang sama dengan pendahulunya di seri Vibe. Dengan model ramping ditambah aksen multi-layer unik khas Vibe Series, menjadikan desain Vibe P1 terlihat menarik dan penuh gaya. Tampilan luar Lenovo Vibe P1 tersusun dalam dimensi yang ramping dengan ukuran tubuh 152.9 x 75.6 x 9.9 mm serta bobot mencapai 189 gram. Dengan ukuran tersebut, smartphone terbaru racikan Lenovo ini akan terasa cukup ramping dan tidak terlalu berat, sehingga sangat pas ketika digenggam atau diletakkan dalam kantung. Lenovo Vibe P1 memiliki bentang layar sebesar 5.5 inchi berjenis IPS LCD Capacitive Touchscreen yang mampu menghasilkan gambar dengan resolusi 1080 x 1920 pixels dengan tingkat kerapatan layar mencapai 401 ppi pixel density. Berbekal resolusi dan juga tingkat kerapatan layarnya yang begitu tinggi, mala tampilan visual Lenovo Vibe P1 pun akan sangat tajam dan memanjakan mata. Layar tersebut juga sudah mendukung kemampuan multitouch finger yang cukup responsif serta sudah dibekali dengan sistem proteksi layar berjenis Corning Gorilla Glass versi 3. Jadi, spesifikasi Lenovo Vibe P1 di bagian layar ini selain memiliki bentangan layar yang cukup luas juga telah mengusung teknologi terbaik hasil pengembangan Lenovo.

Chipset Snapdragon 615 Sebagai Penopang Performa

Pada bagian mesin, spesifikasi Lenovo Vibe P1 ini menggunakan chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dan didukung CPU Octa-core. CPU pada ruang dapur pacu ini terbagi menjadi dua cluster yang saling terintegrasi. Untuk CPU pertama, Lenovo Vibe P1 mengandalkan prosesor Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53. Sementara prosesor yang kedua adalah prosesor Quad-core 1.0 GHz Cortex-53. Kombinasi kedua prosesor tersebut akan menghasilkan kinerja yang stabil dan performa yang responsif. Selain itu, performa Lenovo Vibe P1 juga diperkuat oleh RAM berkapasitas 2 GB. Kehadiran RAM 2 GB pada smartphone ini akan mendukung kebutuhan multitaskingnya. Sedangkan untuk sektor gadget, Lenovo Vibe P1 menngandalkan kartu pengolah grafis atau GPU Andreno 405. Kehadiran GPU berkualitas tinggi itu akan membuat tampilan grafis pada smartphone ini menjadi lebih halus dan menarik. So, kawan Begawei tak perlu ragu lagi untuk memainkan game-game HD pada smartphone ini. Kemudian, semua perangkat hardware pada spesifikasi Lenovo Vibe P1 di ruang mesin tadi akan berjalan pada sistem operasi Android OS Lollipop v5.1.

spesifikasi lenovo vibe p1

Memori Internal Berkapasitas 32 GB

Sekarang kita masuk ke spesifikasi Lenovo Vibe P1 di bagian ruang penyimpanan atau storage. Untuk memenuhi keperluan penyimpanan file penggunanya, kali ini Lenovo menanamkan memori internal seluas 32 GB pada Lenovo Vibe P1 ini. Untuk smartphone kelas atas, kapasitas memori internal itu sudah sangat besar. Keberadaan memori seluas 32 GB pada Lenovo Vibe P1 ini akan memberikan ruang yang cukup besar agar kawan Begawei bisa menyimpan file-file penting dalam satu perangkat gadget saja. Sama seperti seri Lenovo Vibe S1, ponsel ini pun juga dilengkapi dengan slot external memory. Namun, jika kawan Begawei ingin menambahkan external memory, maka harus mengorbankan slot SIM Card 2 sebagai tempat kartu microSD. Slot external memory pada spesifikasi Lenovo Vibe P1 ini mampu menampung microSD card hingga kapasitas 128 GB.

Duet Kamera 13 MP dan 5 MP Jadi Andalan di Sektor Fotografi

Untuk lini fotografinya, spesifikasi Lenovo Vibe P1 ini mengusung duet kamera berkualitas tinggi. Untuk kamera primer atau kamera belakang, Lenovo menyematkan kamera berukuran 13 MP yang memiliki resolusi sebesar 4128 X 3096 piksel. Kamera utama Lenovo Vibe P1 ini sudah dilengkapi dengan fitur LED Flash dan juga Autofocus yang akan membantu kamu untuk menghasilkan jepretan foto yang bagus. Selain itu, kamera tersebut juga telah dibekali dengan fitur fotografi modern seperti Geo-tagging, touch focus, pendeteksi wajah, panorama dan juga fungsi HDR. Selain bisa menghasilkan jepretan foto yang bagus, kamera utama pada Lenovo Vibe P1 juga bisa untuk merekam video berukuran 1080 piksel. Kualitas rekaman video ini sudah cukup bagus untuk sebuah smartphone. Lalu, spesifikasi Lenovo Vibe P1 pada sektor fotografi juga disempurnakan dengan penggunaan kamera depan berukuran 5 MP. Dengan adanya kamera depan berukuran 5 MP tersebut akan memudahkan kawan Begawei yang memiliki hobi selfie atau sering melakukan panggilan video call.

spesifikasi hp lenovo vibe p1

Konektivitas Lengkap dengan Dukungan Jaringan 4G LTE

Sebagai sebuah smartphone kelas atas, lini konektivitas mutlak menjadi andalan spesifikasi Lenovo Vibe P1 ini. Untuk produk barunya ini, Lenovo mengusung teknologi koneksi data 4G LTE yang akan membawa kawan Begawei menikmati akses data internet yang kencang dan stabil. Dengan menggunakan jaringan 4G LTE, Lenovo Vibe P1 bisa meraih kecepatan maksimal hingga 150 Mbps untuk keperluan download. Sedangkan untuk upload, ponsel ini bisa dipacu hingga kecepatan maksimal 50 Mbps. Selain itu, Lenovo Vibe P1 juga dibekali dengan pilihan jaringan 3G HSPA untuk mengakomodasi pengguna yang daerahnya belum tercover jaringan 4G LTE. Kemudian, Lenovo Vibe P1 ini juga dilengkapi dengan fitur koneksi jarak dekat seperti Bluetooth v4.0, WiFi, Hotspot serta microUSB. Spesifikasi Lenovo Vibe P1 pada lini konektivitas pun juga telah dibekali dengan teknologi navigasi A-GPS yang akan membantu penggunanya dalam menentukan titik lokasi suatu tempat.

Kapasitas Baterai Super Power 5.000 mAh

Untuk mendukung semua fitur dan spesifikasi Lenovo Vibe P1 yang berisi komponen kelas atas tadi, Lenovo pun sudah menyiapkan baterai berkapasitas super power. Berbeda dengan seri Lenovo Vibe S1 yang hanya dibekali dengan baterai berkapasitas standar, maka kali ini Lenovo Vibe P1 hadir dengan baterai 5.000 mAh sebagai pemasok dayanya. Baterai berjenis Non-removable Lithium-Polymer itu akan menjadi sumber tenaga utama pada ponsel ini. Dengan bekal baterai berkapasitas super besar itu, Lenovo Vibe P1 akan mampu bertahan hidup selama kurang lebih 600 jam saat stand-by di jalur 3G. Sementara jika digunakan untuk stand-by di jalur 2G, smartphone ini bisa bertahan lebih lama lagi, hingga mencapai 648 jam. So, kawan Begawei tak perlu takut akan kehabisan baterai di tengah jalan karena spesifikasi Lenovo Vibe P1 ini dilengkapi dengan baterai berkapasitas ekstra besar.

Spesifikasi Lenovo Vibe P1

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA
4G bands LTE
Kecepatan HSPA, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, September
Status Coming soon. Exp. release 2015, October
Bodi
Dimensi 152.9 x 75.6 x 9.9 mm (6.02 x 2.98 x 0.39 in)
Berat 189 g (6.67 oz)
SIM Dual SIM (Nano-SIM, dual stand-by)
– Fingerprint sensor
Layar
Tipe IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 5.5 inches (~72.1% screen-to-body ratio)
Resolusi 1080 x 1920 pixels (~401 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
Dapur Pacu
OS Android OS, v5.1 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615
CPU Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & quad-core 1.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 405
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB (uses SIM 2 slot)
Internal 32 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, phase detection autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Video Yes
Kamera Depan 5 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot
Bluetooth v4.1, LE
GPS Yes, with A-GPS
NFC Yes
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity, compass
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML5
Baterai
Non-removable Li-Po 5000 mAh battery

Kelebihan dan Kekurangan Lenovo Vibe P1

Berbeda dengan Lenovo seri Vibe S1, kali ini Lenovo Vibe P1 hadir dengan layar lebih lebar, yakni 5.5 inci. Selain itu, smartphone yang satu ini juga tetap mempertahankan resolusi dan juga kerapatan layar yang tinggi. Sistem proteksi layarnya pun juga Corning Gorilla Glass 3. Untuk jaringan datanya, ponsel yang satu ini juga tetap menggunakan teknologi jaringan 4G LTE. Sedangkan untuk kekurangannya mungkin hanya baterainya saja yang tak bisa diganti. Nah untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tabel perbandingan kelebihan Lenovo Vibe P1 dan kekurangan Lenovo Vibe P1:

Kelebihan Lenovo Vibe P1
  • Teknologi jaringan data 4G LTE
  • Dual SIM Card
  • Dilengkapi dengan Fingerprint Sensor
  • Layar luas 5.5 inci
  • Chipset Snapdragon 615
  • CPU Octa-core
  • GPU Andreno
  • Resolusi dan kerapatan layar sangat tinggi
  • Memori internal 32 GB
  • Memori RAM 2 GB
  • Kamera utama 13 MP
  • Baterai 5.000 mAh
Kekurangan Lenovo Vibe P1
  • Baterai tak bisa diganti, Non-removable
  • Tipe layar masih IPS LCD, bukan AMOLED

Harga Lenovo Vibe P1

Hadir sebagai produk baru dari keluarga Lenovo Vibe, smartphone Lenovo seri P1 ini memang memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di segmen smartphone kelas atas. Nah sekarang saatnya kita membahas kisaran harga Lenovo Vibe P1 setelah tadi mengupas tuntas spesifikasinya. Berbicara masalah harga, pastinya kita harus melihat kembali mengenai spesifikasinya. Lenovo Vibe P1 ini memang memiliki spesifikasi yang seimbang jika dibandingkan dengan Lenovo Vibe S1. Jika Vibe S1 layarnya hanya 5 inci, maka kali ini Vibe P1 hadir dengan layar lebih luas, yakni 5.5 inci. Meski kapasitas RAM-nya yang 2 GB lebih kecil, namun hal ini tak akan menjatuhkan harga Lenovo Vibe P1 di pasaran. Kelemahan di sektor RAM tadi mampu ditutupi dengan kapasitas baterai yang sangat besar, mencapai 5.000 mAh. Nah dengan spesifikasi yang seimbang dengan Vibe S1, kisaran harga Lenovo Vibe P1 ini berapa ya?

harga lenovo vibe p1

harga lenovo vibe p1 terbaru

Berdasarkan informasi yang Begawei dapatkan, banderol harga Lenovo Vibe P1 adalah sebesar Rp 3,9 jutaan. Harga tersebut terbilang pas untuk kategori smartphone kelas menengah ke atas. Jika dibandingkan dengan harga Vibe S1, sebenarnya harga Lenovo Vibe P1 ini masih berada dalam satu level yang sama. Selain itu, jika dibandingkan dengan para pesaing Lenovo Vibe P1 semisal Oppo R5S pun sebenarnya harganya masih sangat kompetitif. Selain dengan Oppo R5S, smartphone ini juga akan bersaing dengan produk-produk lain di kelas menengah atas, seperti misalnya Asus Zenfone 2, Sony Xperia Z Ultra, atau Samsung Galaxy E7. Dengan banderol harga Lenovo Vibe P1 yang kompetitif serta spesifikasi yang berkualitas, rasa-rasanya ponsel terbaru asal Tiongkok ini akan mampu berbicara banyak di pasar gadget dunia, termasuk Indonesia.

Harga Lenovo Vibe P1
Sekitar Rp 3.900.000,-

Kesimpulannya, banderol harga Lenovo Vibe P1 ini memang sudah sesuai dengan apa yang dibawanya. Meski ada beberapa catatan minus, namun hal itu tak akan terlalu berpengaruh kepada harga Lenovo Vibe P1 secara umum. Kehadiran smartphone seri Vibe S1 dan juga Lenovo Vibe P1 ini pastinya sangat cocok bagi kawan Begawei yang menginginkan gadget berkualitas dengan layar yang luas, namun tetap memiliki banderol harga yang masih wajar. So, buat kamu yang tertarik untuk menebus harga Lenovo Vibe P1 ini, tunggu sampai rilis resminya pada Oktober mendatanga ya! Baca juga ulasan Begawei mengenai Lenovo Vibe P1m dan Lenovo Vibe S1.

  • Siti Sabariah

    Keren, elegan, dan yg pasti harganya relatif murah dibanding smartphone yg lain..

  • Leonardo Simamora Debataraja

    Brpa inch??

Top