Gunakan Pena ala Stylus, Apple ‘Khianati’ Steve Jobs?

Apple Terima Kritikan Pedas Terkait Penggunaan Apple Pencil pada iPad Pro – Sepeninggal Steve Jobs, Apple nampaknya mulai menyeleweng dari salah satu founder-nya tersebut. ‘Penyelewengan’ terbaru dari Apple yang cukup menghebohkan adalah penggunaan pena ala stylus pen yang mereka sebut sebagai Apple Pencil.

apple-terima-kritikan-pedas-terkait-penggunaan-apple-pencil-pada-ipad-pro

Kita pasti tahu bahwa mendiang Steve Jobs sangat tidak menyukai penggunaan pena stylus pada produk-produk gadget keluaran Apple. Alih-alih menjaga ‘wasiat’ Steve Jobs, Apple kini justru seperti ‘mengkhianati’ prinsip-prinsip Jobs. Ya, tablet terbaru Apple, yakni iPad Pro, kini ditambahi dengan aksesoris Pencil atau pena stylus.

“Siapa yang ingin stylus? Anda harus menggunakannya, menyimpannya, dan lalu hilang. Tidak ada seorang pun yang menginginkan stylus,” tutur Jobs kala masih memimpin pucuk pimpinan Apple Corp.

Bahkan, saking tidak sukanya terhadap stylus pen, Jobs pernah menyerang ide Microsoft soal tablet yang menggunakan stylus pen.

“Begitu Anda memiliki stylus, Anda tamat,” kata Jobs kepada penulis biografinya, Walter Isaacson.

Kini, keputusan Apple yang menyertakan pena stylus atau disebut dengan Pencil terus menerima kritikan pedas. Terbaru, sejumlah animator asal Taiwan melontarkan sebuah sindiran sarkas bahwa jika Steve Jobs masih hidup, maka ia akan ‘menusuk’ CEO Apple saat ini, Tim Cook, karena merilis stylus pen.

Ketidaksukaan Steve Jobs pada perangkat tambahan berupa stylus memang sudah bukan rahasia lagi. Selain pernah menyerang Microsoft terkait penggunaan stylus pada tablet, mendiang Jobs juga pernah dengan terang-terangan menyatakan ketidaksukaannya terhadap stylus lewat lelucon pada acara Macworld tahun 2007 silam.

“Siapa yang ingin stylus? Anda harus menggunakannya, menyimpannya, dan lalu hilang. Tidak ada seorang pun yang menginginkan stylus,” tutur Jobs kala itu.

Meski mendapat kritikan pedas dari sejumlah pihak, Apple sendiri tetap merilis stylus pen untuk iPad Pro pada tanggal 9 September yang lalu. Apple menerangkan bahwa penggunaan Apple Pencil tidak serumit yang dibayangkan. Apple mengklaim bahwa pena stylus ala Apple akan memberikan pengalaman luar biasa yang benar-benar baru kepada pengguna setia iPad. Baca juga Samsung Pamerkan Tablet Misterius di IFA 2015 dan Samsung Kembangkan Tablet Android Berlayar 18.4 Inci.

Top