Facebook Siapkan Fitur Video 360 Derajat untuk Smartphone

Facebook Siap Luncurkan Fitur Baru di Smartphone – Layanan sosial media terpopuler di dunia, Facebook dikabarkan tengah menyiapkan fitur baru khusus untuk smartphone. Fitur tersebut adalah fitur untuk memutar video 360 derajat, seperti fitur yang ada pada layanan streaming video terpopuler yakni Youtube dengan Youtube 360nya. Diketahui bahwa pengembangan fitur atau aplikasi tersebut masih berada pada tahap awal.

Facebook Siapkan Fitur Video 360 Derajat untuk Smartphone

Dari kabar yang ada, Facebook hanya meluncurkan fitur atau aplikasi video 360 derajat tersebut khusus untuk smartphone Android dan iOS saja. Meski begitu belum diketahui kapan waktu peluncuran resmi fitur atau aplikasi tersebut.

Seperti dilansir oleh Mashable, yang dirangkum KompasTekno, Senin (15/9/2015), video 360 derajat saat ini memang menjadi trend yang makin meningkat. Hal tersebut karena jenis fitur ini menghasilkan tontonan yang berbeda dengan video biasa, sebab video ini pengguna dapat melihat pada semua sisi yang ada.

Dengan begitu, pengguna yang menonton video jenis tersebut seolah sedang berada di dalam rekaman tersebut. Meski begitu, apabila dibandingkan dengan Virtual Reality (VR), jenis video 360 derajat memang memiliki kekurangan. Sebab pada pengguna yang menikmati video 360 derajat hanya bisa menonton rekaman yang ada tanpa adanya interaksi dengan objek.

Namun beberapa pihak menyakatan bahwa video 360 derajat merupakan pijakan awal untuk menarik minat calon pengguna perangkat VR di dunia smartphone. Facebook sendiri merupakan perusahaan yang cukup gencar dalam bereksperimen di dunia perangkat VR. Sehingga dengan langkah tersebut menjadi awal yang penting dan berguna bagi Facebook.

Sebelumnya, pada awal tahun lalu Facebook sendiri sempat memamerkan proyek fitur video 360 derajat besutannya di News Feed jejaring sosial milik mereka sendiri. Di mana pengguna dapat menyaksikan video jenis tersebut dengan menggunakan headset VR, seperti Oculus Rift.

Diketahui bahwa saat ini video jenis 360 derajat pengembangan Facebook masih belum lolos tahap uji coba. Meski demikian raksasa jejaring sosial tersebut tetap memantapkan diri demi inovasi pada layanannnya. Hal tersebut sesuai dengan pernyataan Jay Parikh, selaku Vice President of Global Engineering and Infrastructure Facebook yang menyatakan bahwa perangkat VR dan AR merupakan masa depan paling logis bagi perusahaan. Baca juga Pokemon Go, Siap Rilis di Android dan iOS dan Pengguna Firefox Rawan Terkena Cyber-attack.

Top