Facebook Membeli WhatsApp US$16 Milyar, Mengapa?

WhatsApp Dibeli Facebook Seharga US$16 Milyar – Media sosial kini menjadi fenomena yang tak dapat terlepaskan dari aktivitas kehidupan manusia dalam kesehariannya. Beberapa contohnya yaitu Facebook, Line, WhatsApp dan lain sebagainya. Namun apabila sesama media sosial tersebut telah diakuisisi oleh media sosial lain, apa alasannya?

whatsapp-dibeli-facebook-seharga-us$16-milyar

Facebook kini dikabarkan telah membeli saham WhatsApp senilai US$16 Milyar atau setara dengan 188,4 Triliun Rupiah. Namun ternyata jumlah tersebut masih memiliki beberapa tambahan hingga mencapai US$19 Milyar karena bagi pegawai WhatsApp karena ternyata para pegawai WhatsApp sendiri telah mendapatkan saham dari FB sebesar US$3 Milyar yang akan dicairkan secara bertahap dalam kurun waktu 4 tahun setelah akuisisi terjadi.

Alasan dari Facebook membeli WhatsApp yaitu diantaranya karena WhatsApp merupakan aplikasi mobile instant messaging/chatting yang sangat populer di dunia dengan jumlah user sekitar 450 orang dimana hampir 70 persen diantaranya aktif setiap harinya menggunakan aplikasi tersebut. Hal ini menimbulkan pertumbuhan basis user baru 1 juta orang setiap harinya terhadap WhatsApp.

Sealin itu, banyaknya jumlah volume sending message antar user pada WhatsApp hampir menyamai volume dari komunikasi pesan singkat SMS seluruh operator dunia. Hal inilah yang juga melatarbelakangi Facebook sampai membeli saham dari WhatsApp tersebut.

Facebook yang sebelumnya merupakan pesaing dari WhatsApp tersebut menyatakan dalam penjelasan resminya bahwa Facebook akan tetap ada dan masing-masing tetap berdiri sendiri atau tidak digabungkan. Hal ini akan sama seperti Instagram yang telah dibeli oleh Facebook namun tetap bekerja dan beroperasi secara independen.

Apabila dibandingkan dengan pembelian perusahaan teknologi yang sejenis, beberapa tahun sebelumnya maka harga dari media sosial WhatsApp ini sangatlah mahal untuk ukuran sebuah aplikasi messaging atau chatting karena memang harganya dinyatakan 16x lebih mahal dari harga Instagram, 18x lebih mahal daro Viber dan 2x lebih mahal daripada Skype.

Memang terlihat nyata, bahwa perkembangan WhatsApp merupakan salah satu prospek yang sangat menjanjikan untuk beberapa tahun ke depan, mengingat pengguna smartphone yang semakin bertambah setiap tahunnya. Untuk omset dari Facebook sendiri dapat diperkirakan akan naik secara pesat setelah mengakuisisi kepemilikan dari aplikasi WhatsApp tersebut. Baca juga Media Sosial Penyebab Depresi pada Remaja dan Sekarang Wartawan Bisa Siaran Live di Facebook

Top