Facebook Berikan Fitur Menarik Untuk Jurnalis

Facebook Kenalkan ‘Signal’ Sumber Konten Menarik Untuk Jurnalis – Facebook yang merupakan jejaring sosial terpopuler di dunia kini memang sedang gencar-gencarnya menerapkan beberapa fitur baru. Selai menjadi sosial media yang membantu menjalin komunikasi, Facebook juga terkadang memberikan informasi atau berita yang dibutuhkan oleh penggunanya.

facebook-kenalkan-signal-sumber-konten-menarik-untuk-jurnalis

Para pengembang Facebook kini memang hendak menjadikan Facebook menjadi sebuah situs yang menjadi sumber informasi utama yang dinamis. Tujuannya, adalah untuk membantu para wartawan atau jurnalis untuk mendapatkan informasi terbaru melalui sosial media. Setelah dikabarkan bahwa facebook telah memiliki fitur Live Streaming bagi para wartawan, kali ini Facebook hadir dengan memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Signal.

Apabila fitur Live Streaming memungkinkan wartawan untuk melakukan wawancara langsung via Facebook, Signal ini berfungsi menyajikan data konten terbaru dari Facebook dan Instagram yang digunakan pada situs mereka. Memang kini Facebook telah menyajikan beberapa konten berita, namun terkadang tidak adanya sistem filter yang memisahkan antara berita populer dengan berita yang biasa saja. Untuk itu, pada Signa ini diberikan fitur penyaring konten-konten yang menarik seputar berita yang direkam oleh Facebook dan Instagram.

Signal ini hanya akan berfokus pada konten yang sedang populer dan tren saja. Seluruh jurnalis yang menggunakan fitur ini dapat melihat siaran langsung sebelum adanya proses penyaringan untuk kemudian diberikan peringkat dari seluruh pengguna jejaring sosial Facebook. Beberapa tpik juga dapat dibandingkan untuk kemudian dibuat koleksi pada setiap postingan. Untuk berita yang diposting, jurnalis juga bisa mendapatkan foto terkait topik berita yang dapat diambil dari Instagram.

Sebelumnya fitur yang hampir sama memang telah diberikan oleh Twitter, namun kini dengan usaha kerasnya Facebook akan berusaha menjadi pesaing yang ketat untuk kepopuleran Twitter mengenai sumber-sumber berita yang populer dan aktual.

Sebuah langkah besar telah diambil Facebook untuk menjadikan dirinya sebagai jejaring sosial yang multifungsi. Selain untuk bercakap atau menjalin komunikasi jarak jauh, kini juga hendak mempersiapkan diri menjadi portal utama untuk penemuan berita. Facebook kini telah menyediakan alat yang cukup efektif untuk membantu wartawan dalam menemukan konten berita secara lebih mudah untuk diolah menjadi tulisan yang berkualitas. Baca juga Sekarang Wartawan Bisa Siaran Live di Facebook dan Facebook Akan Rilis Tombol ‘Dislike’

Top