Facebook Akan Munculkan Tombol ‘Dislike’

Facebook Akan Rilis Tombol ‘Dislike’ – Setelah melalui desakan panjang dari penguna. Facebook akhirnya luluh dengan siap untuk merealisasikan tombol dislike mendampingi tombol like pada tampilan Facebook. Hal ini bahkan langsung diutarakan oleh pendiri Facebook, Mark Zuckerberg dalam sesi tanya jawab di kantor Facebook, Menlo Park, California. Zuckerberg menyatakan bahwa tombol dislike akan digunakan untuk menunjukkan rasa empati. Bahkan Facebook sudah siap untuk melakukan test pada tombol itu.

facebook hadirkan tombol dislike

Selama ini memang banyak yang meminta Facebook untuk menampilkan tombol dislike menyusul tombol like yang sampai saat ini menjadi ikon dari Facebook.

“Orang banyak yang bertanya pada saya tombol ‘tidak suka’ selama bertahun-tahun,” kata Zuckerberg kepada peserta diskusi, dikutip dari BBC, Kamis (17/09/2015).

“Mungkin ratusan orang telah bertanya soal ini, dan hari ini adalah hari khusus karena saya bisa sampaikan bahwa kami sedang mengerjakannya dan hampir siap untuk mengetesnya.” Ucap Zuckerberg lebih lanjut.

Namun Zuckerberg masih bersikukuh bahwa tombol dislike itu tidak akan menjadi mekanisme pengguna untuk memberi rating buruk terhadap postingan orang lain. Tombol dislike hanya akan menjadi ungkapan empati dan sebagai ganti tombol like pada postingan-postingan yang dianggap menampilkan suasana menyedihkan.

“Tidak semua momen adalah momen yang menyenangkan bukan? Jika kamu berbagi sesuatu yang sedih misalnya krisis pengungsi atau anggota keluarga kamu meninggal, maka tombol ‘like’ mungkin bukan hal yang sesuai untuk kita merespons.” tambah Zuckerberg.

Menanggapi fitur terbaru pada Facebook tersebut membuat pakar teknologi di dunia berpikir mungkin pengguna akan butuh waktu untuk bisa memahami fungsi dari tombol dislike tersebut. Hal ini juga ditakutkan akan menimbulkan persepsi berbeda dari pengguna Facebook. Kebanyakan pengguna Facebook akan memiliki persepsi berbeda dengan Zuckerberg mengenai fungsi tombol dislike, misalnya pengguna Facebook dapat menekan tombol tersebut untuk mengekspresikan emosi negatif seperti menunjukkan rasa tidak simpati terhadap postingan orang lain.

Padahal sesuai perkataan Zuckerberg, tombol dislike hanya akan digunakan untuk mengekspresikan ketidaksetujuan yang sepele atau mengungkapkan rasa solidaritas seorang pengguna kepada pengguna lain yang mengalami suatu musibah. Namun saat benar-benar terealisasikan, ditakutkan justru tombol dislike akan disalahgunakan untuk menunjukkan reaksi negatif. Baca juga WhatsApp Dibeli Facebook Seharga US$16 Milyar dan Sekarang Wartawan Bisa Siaran Live di Facebook.

Top